Menguak Mitos Legendaris Larangan Pakai Baju Hijau di Pantai Selatan, Ternyata Ini Alasannya

Menguak Mitos Legendaris Larangan Pakai Baju Hijau di Pantai Selatan, Ternyata Ini Alasannya

Menguak mitos legendaris larangan pakai baju hijau di pantai selatan, ternyata ini alasannya--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Indonesia terkenal dengan salah satu mitos legendaris yaitu larangan untuk memakai baju hijau di pantai selatan

BACA JUGA:Mitos Memotong Kuku di Malam Hari, Sering Dianggap Pamali Karena Undang Makhluk Halus, Benarkah?

Hal ini tentunya tidak terlepas dari hal-hal mistis dan juga kepercayaan tertentu dan berkaitan dengan sosok Nyi Roro Kidul yang merupakan penguasa laut selatan. 

Nyi Roro Kidul sendiri digambarkan sebagai sosok wanita yang memiliki paras cantik dan bergaun hijau. Ia memiliki tahta di kerajaan besar yang terdiri atas lelembut atau mkhluk halus di laut selatan. 

BACA JUGA:Mitos Mandi Malam Hari Dapat Sebabkan Rematik, Benarkah Demikian? Cek Penjelasannya di Sini

Mitos ini belum memiliki penjelasan secara ilmiah. Namun banyak masyarakat yang percaya akan keberadaan Nyi Roro Kidul ini seringkali melakukan ritual untuk mengungkapkan rasa terimakasih kepada sosoknya. 

Kisah Nyi Roro Kidul sendiri cukup populer dimana bahkan terdapat sebuah penelitian yang menjawab kejadian gelombang besar yang terjadi di laut selatan dan berhubungan dengan Nyi Roro Kidul. 

BACA JUGA:Benarkah Mitos Menyapu Tidak Bersih Bisa Dapat Suami Brewokan? Simak Penjelasannya di Sini

Seperti yang dilansir dari laman sonora.id, diketahui bahwa dalam kisahnya, Panembahan Senopati yang merupakan pendiri dari kerajaan Mataram Islan pergi mencari bantuan ke penguasa laut selatan serta penguasa Gunung Merapi ketika kerajaannya akan diserang oleh Kerajaan Pajang.

Bantuan tersebut pun direstui hingga akhirnya gunung api meletus dan mengalirkan lahar hingga menggagalkan rencana pasukan Kerajaan Pajang. Tidak hanya itu, Panembahan Senopati juga mendapat dukungan dari Nyi Roro Kidul. 

BACA JUGA:Benarkah Mitos Duduk di Atas Bantal Bikin Bisulan? Cek Penjelasannya di Sini

Berdasarkan Babad Tanah Jawi, sebelum mendirikan kerajaan, Panembahan Senopati melakukan semedi yang membuat hawa panas yang menyebabkan gelombang besar. 

Akhirnya Nyi Roro Kidul sang penguasa pantai selatan menemui Panembahan Senopati dan memintanya berhenti karena gelombang tersebut mengganggu rakyatnya. 

BACA JUGA:Mitos Kupu-kupu Masuk Rumah, Benarkah Akan Ada Tamu Istimewa? Simak Penjelasannya di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: