dempo

6 Aturan Dasar Olaraga Bulu Tangkis yang Wajib Diketahui, Jenis Alat hingga Perhitungan Skor

6 Aturan Dasar Olaraga Bulu Tangkis yang Wajib Diketahui, Jenis Alat hingga Perhitungan Skor

Ilustrasi. Aturan dasar permainan bulu tangkis yang wajib diketahui.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Berikut aturan dasar olaraga bulu tangkis yang wajib diketahui oleh pemain, mulai dari jenis alat yang digunakan hingga cara perhitunggan skor, simak ulasannya di sini.

Bulu tangkis menjadi salah satu cabang olaraga yang diminati, tidka hanya di Indonesia namun juga dunia. Hal tersebut karena bulu tangkis dapat dapat dimainkan mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Diketahui, ada beberapa peraturan dasar yang wajib diketahui sebelum memainkan permainan ini. Aturan ini dibuat agar pemain bermain dengan aman dan tahu batasan-batasan yang boleh dilakukan.

BACA JUGA:5 Pebulu Tangkis Tunggal Putra dengan Smash Tercepat di Piala Thomas 2024, Tembus 482 Km per Jam

Seperti yang dikatakan sebelumnya, salah satu ataruan dasar olaraga bulu tangkis memuat tentang spesifikasi alat yang digunakan.

Seperti yang diketahui bahwa olaraga bulu tangkis menggunakan raket sebagai alat utama dalam permainan. Raket yang digunakan memiliki spesifikasi khusus, mulai dari bahan, ukuran, berat, dan bentuk.

Tidak hanya alat, pemain juga harus memahami cara menghitung skor. Hal ini wajib dilakukan karena skor merupakan penentu utama menang dan kalah dari permainan ini.

Masih ada banyak aturan dasar yang lain dalam olaraga bulu tangkis, diantaranya adalah jumlah pemain, servis, perhitungan sekor, hingga jenis kartu yang digunakan berserta fungsinya.

BACA JUGA:6 Pebulu Tangkis Dunia Tunggal Putri dengan Pukulan Smash Tercepat di Piala Uber 2024, Indonesia Termasuk?

Penting memahami aturan dasar olaraga bulu tangkis karena dengan memahami peraturannya kan memudahkan dan memahami spesifikasi permainan. Melansir dari idntimes.com, berikut aturan dasar permainan bulu tangkis:

1. Peralatan olahraga bulu tangkis

Aturan dasar permaianan bulu tangkis yang pertama adalah memuat mengenai peralatan yang digunakan. Pada permainan ini pemain harus menggunakan raket yang berukuran 68 cm dengan lebar maksimal 22 cm.

Selain itu, kepala raket juga harus memiliki panjang 28 cm dan 22 cm dengan bahan dasar almunium atau kayu yang memiliki berat maksimal 150 gram.

Selanjutnya pemain juga harus menggunakan bulu atau bola yang akan ditangis. Adapun aturan bulu tangkis yang digunakan dalam permainan ini adalah harus terdiri dari 16 helai bulu dengan gabus berukuran 25-28 mm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: