dempo

Jerawat Membandel Bisa Hilang, Cukup Gunakan Ekstrak Daun Kemangi, Cek 7 Manfaatnya untuk Kesehatan

Jerawat Membandel Bisa Hilang, Cukup Gunakan Ekstrak Daun Kemangi, Cek 7 Manfaatnya untuk Kesehatan

Ilustrasi. Manfaat daun kemangi untuk kesehatan, salah satunya dapat mengatasi jerawat.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Daun Kemangi ternyata bukan hanya dinikmati sebagai lalapan saja. Ada banyak manfaat tumbuhan satu ini yakni salah satunya bisa mengatasi jerawat membandel.

Berkat kandungan yang ada di dalamnya seperti serat, air, zat besi hingga vitamin C dan beberapa kandungan minyak esensial lainnya, mampu menghilangkan jerawat. Selain itu, daun kemangi dapat diekstrak menjadi krim, gel, atau minyak esensial yang bisa digunakan ke kulit wajah.

BACA JUGA:Segera Klaim 5 Manfaat Buah Mangga Ini untuk Kecantikan! Kulit Auto Glowing dan Mulus

Tumbuhan hijau ini sangat baik untuk kesehatan, dengan memiliki aroma yang khas. Tidak sedikit orang menyukai daun kemangi untuk dikonsumsi. Sehingga tidak heran jika bisa menjadi pelengkap masakan.

Tidak hanya itu, kemangi juga dikenal dengan sebutan sebagai tanaman basil. Jenis tanaman ini diyakini bisa meringankan, mengobati, bahkan mencegah terjadinya penyakit tertentu. Masyarakat Indonesia mengenal tanaman basil ini dengan nama daun kemangi atau Ocimum basilicum.

Selanjutnya tanaman tersebut juga termasuk dalam keluarga mint serta sudah lama populer sebagai tanaman obat tradisional.

BACA JUGA:Ampuh Tingkatkan Imunitas Tubuh, Ini 7 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan

Melansir laman alodokter.com, berikut ini beberapa manfaat daun kemangi yang jarang diketahui.

1. Mengobati jerawat

Selain itu ada ekstrak daun kemangi atau basil dalam bentuk gel, krim, atau minyak esensial yang diketahui berkhasiat bisa mengatasi jerawat membandel.

Hal tersebut diduga berkat adanya kandungan vitamin A, antibakteri, dan antiradang yang bisa meredakan peradangan pada kulit dan juga jerawat.

BACA JUGA:Tidak Hanya Kecantikan, Ternyata Lidah Buaya Punya Segudang Manfaat untuk Rambut, Cek Apa Saja Khasiatnya

2. Menjaga kesehatan otak

Manfaat basil salah satunya juga memelihara kesehatan dan fungsi otak. Ada beberapa riset menunjukkan bahwasanya dengan mengonsumsi basil atau ekstrak basil ini bisa meningkatkan memori dan daya konsentrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: