dempo

Bunda Jangan Emosi Dulu, Lakukan 7 Tips Parenting Ini untuk Didik Anak Usia Dini

Bunda Jangan Emosi Dulu, Lakukan 7 Tips Parenting Ini untuk Didik Anak Usia Dini

Bunda jangan emosi dulu, lakukan 7 tips parenting ini untuk didik anak usia dini--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Parenting terhadap anak usia dini merupakan sebuah tantangan yang sulit untuk dilakukan bagi sebagian orang, terutama bagi orang tua baru sehingga mereka memerlukan beberapa tips untuk melakukannya. 

BACA JUGA:Didik Anak Remaja Laki-laki Tanpa Drama dengan 5 Tips Parenting Ini, Sudah Terapkan?

Namun menerapkan parenting atau pola asuh yang tepat ini penting untuk dilakukan lantaran kekeliruan yang dilakukan oleh orang tua nantinya dapat mempengaruhi perilaku anak di kemudian hari. 

Oleh sebab itu, di saat bersamaan pola asuh yang baik tentunya dapat membantu untuk perkembangan anak seperti untuk menumbuhkan rasa kepedulian, kejujuran, kemandirian, dan juga hal lain seperti kemandirian di dalam anak. 

BACA JUGA:5 Tips Parenting untuk Anak Remaja, Mengomel Bukan Solusi Terbaik

Jika orang tua melakukan pengasuhan yang tepat, maka anak akan terhidar dari resiko rasa cemas, depresi, pergaulan bebas hingga maslaah-masalah lainnya di masa mendatang. 

Orang tua perlu mengetahui jika pola asuh utama yang baik adalah dengan membesarkan dan juga mendidik anak dengan kasih sayang, namun masih tetap mendukung, membimbing dan juga menjadi teman bagi sang anak.

BACA JUGA:Orang Tua Perlu Tahu, Ini 4 Tipe Parenting pada Anak, Sering Lakukan yang Mana?

Parenting ini penting terutama dilakukan di usia emas anak atau juga dikenal sebagai golden age yang merupakan periode emas saat anak tengah tumbuh dan berkembang pesat. 

Mungkin pada saat ini, anak-anak akan menjadi sulit diatur serta lebih aktif untuk bereksplorasi hingga tidak jarang membuat orang tua menjadi emosi. 

BACA JUGA:Mengenal Parenting Style dalam Pola Asuh Anak, Simak Penjelasan Psikolog Klinis RSKJ Soeprapto Bengkulu

Maka dari itu, orang tua perlu lebih bersabar dan sebisa mungkin menghidari mendidik anak di usia dini ini dengan marah-marah atau emosi, terlebih lagi dengan melakukan kekerasan fisik. 

Hal ini lantaran sikap tersebut dapat menggugurkan perkembangan sel-sel otak anak sehingga sebisa mungkin hindari parenting dengan cara ini. 

BACA JUGA:Berkenalan dengan 4 Gaya Parenting dalam Mengasuh Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: