dempo

Jangan Dipaksa! Ini 8 Cara Agar Anak Gampang Makan Teratur dan Lahap

Jangan Dipaksa! Ini 8 Cara Agar Anak Gampang Makan Teratur dan Lahap

Ilustrasi. Cara agar anak gampang makan teratur dan lahap, para orang tua perlu terapkan hal berikut.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Kerap kali anak susah untuk diajak makan, sehingga membuat para orang tua merasa bingung harus melakukan apa. Meskipun begitu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar anak gampang makan teratur dan lahap.

Beberapa penyebab anak susah makan yakni hanya mau makanan tertentu, sudah makan banyak, hingga merasa tidak lapar. Hal inilah yang membuat anak sulit makan, sehingga kamu perlu menyesuaikan kondisinya biar anak tetap bisa makan dengan nyaman.

Jangan lakukan hal yang membuat anak merasa takut atau menangis, bersabar dan coba lakukan beberapa cara berikut. Sebagai orang tua perlu memahami apa yang diinginkan anak dan membuatnya merasa aman di dekatmu.

 BACA JUGA:7 Kesalahan Orang Tua Saat Didik Anak yang Perlu Dihindari, Salah Satunya Terlalu Mengkritik

Menjaga asupan makanan anak sangat penting agar pertumbuhannya berjalan dengan baik. Dilansir dari laman alodokter.com, berikut ini cara yang bisa kamu lakukan agar anak gampang untuk makan teratur dan lahap.

1. Membuat jadwal makan tetap.

2. Adakan acara makan keluarga rutin.

3. Jauhkan dari televisi, binatang peliharaan, permainan maupun hal-hal lain yang bisa membuat perhatian anak teralih saat makan.

4. Menggunakan perlengkapan makan dari gambar dan warna menarik dan disukai.

5. Membiarkan anak makan sendiri (makanan yang mudah untuk dipegang).

6. Ajak anak-anak lain menikmati makan bersama.

7. Dapat memberikan makan dalam porsi kecil, lalu setelah itu puji anak saat usai menghabiskan makanannya.

8. Melibatkan anak dalam proses pengolahan makanan, dari membeli, membersihkan, memasak, dan menyajikan di meja makan. Hal ini bisa saja membuat anak berselera untuk makan.

BACA JUGA:Dikenal Sebagai Pola Asuh Kaku, Ternyata Ini Dampak Positif Strict Parents bagi Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: