dempo

Hati-hati, Ini 6 Gangguan Otak yang Perlu Diwaspadai, Ada Epilepsi hingga Ataxia

Hati-hati, Ini 6 Gangguan Otak yang Perlu Diwaspadai, Ada Epilepsi hingga Ataxia

Ilustrasi. Ini gangguan otak yang perlu diwaspadai, ada epilepsi hingga ataxia.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Ada banyak jenis masalah kesehatan yang dapat terjadi oleh setiap orang. Salah satunya terjadi gangguan otak.

Hal ini penting, pasalnya otak sangat diperlukan bagi tubuh. Ia merupakan organ kompleks yang bisa mengontrol pikiran, emosi, ingatan, penglihatan, pernapasan, rasa lapar, hingga gal-hal yang sifatnya mengatur tubuh.

Dengan kesadaran akan kemampuan diri, seseorang dapat mengoptimalkan fungsi kognitif, emosional, psikologis, serta perilakunya.

BACA JUGA:6 Bahaya Kecanduan Gadget pada Si Kecil yang Perlu Diwaspadai, Bisa Bikin Obesitas hingga Gangguan Mata

Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi sosial dan biologis otak seseorang. Untuk itu perlunya menjaga kesehatan otak agar bisa menjalani hidup dengan aman.

Faktor-faktor penentu tersebut dapat berpengaruh pada cara otak berkembang, beradaptasi, hingga merespons stres terlebih bila mengalami kesulitan yang dihadapi semasa hidup.

Jika tidak dijaga baik, akan ada banyak sekali gangguan dan penyakit yang dapat berdampak buruk pada kesehatan otak. Dikutip dari laman halodoc.com, berikut ini beberapa penyakit yang perlu diwaspadai.

BACA JUGA:6 Bahaya Diet Ekstrim untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Sebabkan Gangguan Metabolisme

1. Epilepsi

Epilepsi ialah suatu penyakit yang ada di otak dan bersifat kronis. Meski tidak menular, namun bisa menyerang orang dari segala usia.

Kondisi inilah yang akan ditandai sebagai serangan pada saraf motorik dan juga sensorik secara berulang, tak hanya itu penderita akan mengalami kejang-kejang sementara.

Penyakit tersebut dapat membuat sinyal saraf tak lagi berjalan semestinya.

BACA JUGA: Bikin Alergi hingga Gangguan Pencernaan, Ini 5 Efek Samping Makan Buah Nangka Berlebih

2. Alzheimer

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: