dempo

Gejala dan Penyebab Gangguan OCD yang Jarang Kamu ketahui

Gejala dan Penyebab Gangguan OCD yang Jarang Kamu ketahui

Ilustrasi. Gejala dan penyebab gangguan OCD bagi Kesehatan yang jarang diketahui.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - OCD merupakan singkatan dari Obsessive Compulsive Disorder. Salah satu gangguan mental yang dapat mendorong penderitanya melakukan tindakan secara terus-menerus.

Penderita OCD akan melakukan hal tertentu sebagai bentuk mengurangi kecemasan dalam pikirannya. Ada beberapa gejala dan penyebab seseorang terkena penyakit OCD ini bagi kesehatan.

Orang yang OCD akan melakukan tindakan berulang seperti pada saat hendak mencuci tangan. Kemudian ada noda sedikit di tangannya, ia akan kembali mencucinya hingga bersih. Tindakan ini disebut sikap kompulsif.

BACA JUGA:Ampuh Cegah Penyakit Kronis, Ini 7 Manfaat Buah Persik untuk Kesehatan

Munculnya sifat berulang (obsesi) dan perilaku (paksaan) kompulsif. Selain itu, hal yang berkaitan dengan pemikiran maupun perilaku inilah yang tak bisa dikendalikan pengidapnya.

Walaupun ia tidak memiliki pemikiran ataupun keinginan untuk melakukannya, penderita OCD akan merasa tidak berdaya menghentikannya.

Untuk itu, OCD sangat berpengaruh secara signifikan dalam berbagai aspek kehidupan.

BACA JUGA:Penderita Obesitas Rentan Terkena Diabetes, Inilah 7 Tips Cara Menjaga Tubuh Tidak Terkena Penyakit Kronis Ini

- Gejala pengidap OCD

Gangguan mental OCD ini menunjuKkan adanya gejala obsesi, kompulsif, bahkan bisa keduanya. Sebagaimana hal ini sangat berpengaruh pada aspek kehidupan pengidapnya.

Tak hanya sekolah, pekerjaan, bahkan relasi dengan orang lain. Obsesi merupakan pikiran yang terjadi serta mengalami pengulangan, dorongan maupun gambaran mental dapat memicu timbulnya rasa cemas.

BACA JUGA:Penderita GERD Dibolehkan Konsumsi 5 Minuman Sehat Ini, Yuk Coba Rutinkan

Sedangkan, kompulsi ialah perilaku yang dilakukan berulang. Pengidap akan memiliki dorongan dalam melakukan perilaku yang dianggap sebagai pemikiran obsesif.

Kompulsi umumnya melakukan aktivitas mencuci tangan secara berulang dan berlebihan. Dapat juga menjalani pemesanan ataupun mengatur sesuatu secara khusus dan tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: