dempo

Bawang Putih Punya 8 Manfaat Luar Biasa untuk Kesehatan, Mampu Menurunkan Tekanan Darah

Bawang Putih Punya 8 Manfaat Luar Biasa untuk Kesehatan, Mampu Menurunkan Tekanan Darah

Ilustrasi. Bawang putih punya manfaat luar biasa untuk kesehatan, mampu menurunkan tekanan darah.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Diketahui bawang putih memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan. Salah satunya mampu menurunkan tekanan darah. Selain sebagai bumbu pelengkap masakan ternyata ada manfaat lain dari rempahan satu ini. Hal ini berkat kandungan yang ada di dalamnya.

Bawang putih mentah memiliki aroma khasnya sendiri. Namun, tak jarang dari sebagian orang tidak menyukai bahan alami ini.

Belum banyak yang mengetahui, bahwa bawang putih memiliki kandungan nutrisi, seperti allicin, vitamin dan lainnya. Diketahui lebih banyak nutrisinya dibandingkan dengan bawang putih yang telah diolah atau dimasak terlebih dahulu.

Memiliki nama latin Allium sativum, bahan dapur tersebut selain dapat menambah rasa nikmat juga dapat dikonsumsi secara mentah. Bawang putih mempunyai aroma yang khas, sehingga sangat cocok menjadi pelengkap masakan.

BACA JUGA:Cegah Stres Oksidatif dan Anemia, Ini 10 Manfaat Sayur Bayam untuk Kesehatan

Dikutip dari berbagai sumber, seberapa banyak takaran untuk konsumsi bawang putih mentah ini, tidak ada takaran yang pasti. Namun, dianjurkan dari penelitian mengonsumsi sekitar 1-2 siung bawang putih per hari dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat bawang putih mentah untuk kesehatan yang perlu diketahui.

1. Menurunkan tekanan darah

Mengonsumsi bawang putih mentah dapat menstabilkan tekanan darah yang mana risiko terkena komplikasi hipertensi, stroke dan penyakit jantung bisa diminimalkan.

Bagi penderita hipertensi, menurut studi manfaat dari memakan bawang putih mentah yang diperoleh dari kandungan allicin di dalamnya, dapat menurunkan tekanan darah. Melebarkan pembuluh darah dan memperlancar aliran darah sehingga tekanan darah dapat turun, mampu dilakukan oleh zat allicin ini.

BACA JUGA:Ladies, Simak 6 Manfaat Buah Sirsak untuk Kecantikan Ini, Salah Satunya Kurangi Flek Hitam

2. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan kalium yang terdapat pada bawang putih diperlukan untuk mencegah terbuangnya kalsium secara berlebih melalui urine. Dengan ini turut berkontribusi dalam menjaga kekuatan pada tulang.

Selain kandungan kalium, bawang putih yang dikonsumsi secara mentah juga mengandung kalsium dan fosfor. Dimana kalsium dan fosfor dibutuhkan untuk membangun tulang agar tetap kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: