dempo

Teman Curhat, Sandaran Penting bagi Mahasiswa untuk Mengatasi Stres

Teman Curhat, Sandaran Penting bagi Mahasiswa untuk Mengatasi Stres

Ilustrasi teman curhat.--(Sumber Foto: Anggela)

BENGKULU, BETVNEWS - Masa kuliah diwarnai dengan berbagai tantangan dan tekanan yang dapat memicu stres. Beban akademik yang berat, tuntutan untuk berprestasi, masalah finansial, serta persoalan dalam hubungan personal seringkali menjadi faktor pemicu stres bagi mahasiswa

Dalam situasi seperti ini, memiliki teman curhat yang dapat memberikan dukungan emosional sangat penting untuk menjaga kesehatan mental.

Stres yang berkepanjangan dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental mahasiswa. 

BACA JUGA:Review Film Metamorfosa: Sebuah Mahakarya Garapan Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam

Hal ini dapat menyebabkan penurunan konsentrasi, gangguan pola tidur, penurunan motivasi belajar, hingga depresi dan kecemasan berlebih sehingga tibmulnya dorongan untuk mengakhiri hidup. 

Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa untuk memiliki mekanisme penanganan stres yang efektif, dan salah satunya adalah dengan memiliki teman curhat.

Teman curhat dapat menjadi tempat berbagi cerita, mengungkapkan perasaan, dan mencurahkan beban pikiran yang dirasakan. 

Dengan membuka diri kepada orang yang dipercaya, mahasiswa dapat meringankan tekanan emosional yang dialami. Mereka bisa mendapatkan validasi atas perasaan yang dirasakannya, serta mendapatkan dukungan dan pengertian dari teman curhatnya.

BACA JUGA:6 Ide Minuman Jeruk Rekomendasi untuk Segarkan Tenggorokan, Cek Resepnya di Sini

Selain itu, teman curhat dapat memberikan perspektif baru dalam melihat masalah yang sedang dihadapi. Mereka seringkali dapat memberikan saran atau solusi yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya. 

Ini dapat membantu mahasiswa untuk melihat situasi dari sudut pandang yang berbeda dan menemukan cara-cara baru dalam mengatasi tantangan yang ada.

Bagi mahasiswa yang jauh dari keluarga, teman curhat dapat menjadi pengganti keluarga yang dapat memberikan dukungan emosional. Mereka dapat menjadi tempat berbagi cerita dan mencari kenyamanan saat menghadapi masa-masa sulit dalam perkuliahan. 

BACA JUGA:Bukan Hanya Lancarkan Pencernaan, Ini 7 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

Namun, penting untuk memilih teman curhat yang tepat. Seseorang yang dapat mendengarkan dengan empati, tidak menghakimi, dan mampu menjaga kerahasiaan adalah kunci untuk menciptakan lingkungan yang aman dan terpercaya untuk berbagi masalah pribadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: