dempo

5 Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik dan Penuhi Syarat Sah, Cek Umur Salah Satunya

5 Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik dan Penuhi Syarat Sah, Cek Umur Salah Satunya

Ilustrasi. Tips memilih hewan kurban yang baik dan penuhi syarat sah.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Memasuki bulan Juni 2024, artinya sudah dekat dengan Idul Adha dan pelaksanaan ibadah kurban, yuk simak tips memilih hewan kurban yang baik dan penuhi syarat sah di sini.

Ibadah kurban adalah ibadah sunnah yang dianjurkan Rasulullah SWT pada bulan Dzulhijjah, berkurban dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah atau setelah sholat Idul Adha.

Ibadah ini dilakukan dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT, karena berkurban dilatarbelakangi oleh oleh kisah nabi Ibrhaim yang rela mengurbankan anaknya demi membuktikan ketaatannya kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Sesuai Syariat Islam, Ini 4 Jenis Hewan yang Boleh Dikurbankan saat Idul Adha, Unta Salah Satunya

Dikisahkan pada zaman dahulu, nabi Ibrahim bermimpi diperintahkan Allah SWT untuk mengurbankan anak kandunganya Isma'il.  

Mimpi tersebut berlangsung 3 malam berturut-turut, kemudaian dengan ketulusannya dan rasa cintanya kepada Allah SWT, Ibrahin akhirnya ikhlas mengurbankan anaknya Isma'il.

Namun dengan kuasa Allah SWT, sebelum nabi Ibrahim menyembelih anaknya, Allah SWT sudah lebih dulu mengganti Isma'il dengan seekor domba, dari kisah ini nabi Ibrahim mengajarkan bahwa apapun yang kita miliki dan sayangi tidak boleh melebihi rasa cinta kita kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Hewan yang Dikurbankan Jadi Kendaraan ke Surga, Ini 7 Keutamaan Ibadah Kurban di Hari Raya Idul Adha

Oleh karena itu, ibadah kurban dilakukan dengan penyembelihan hewan kurban, adapun hewan yang boleh dikurbankan adalah domba, kambing, sapi, dan unta.

Namun, ada bebrapa syarat yang harus dipenuhi hewan kurban tersebut agar sah dikurbankan, mulai dari umur, kesehatan, dan jenis.

Oleh karena itu, bagi muslim yang ingin melaksanakan ibadah kurban pada Idul Adha mendatang harus pastikan hewan yang dipilih memenuhi syarat sah sesuai syariat.

Dilansir dari laman resmi baznas.go.id, berikut tips memilih hewan kurban yang baik dan penuhi syarat sah sesuai syariat Islam:

BACA JUGA:Ternyata Begini Cara Pembagian Daging Kurban Hari Raya Idul Adha

Pastikan Hewan Ternak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: