dempo

Bukan Hanya Pahit! Ini Karakteristik Kopi Robusta yang Banyak Digemari di Indonesia, Intip Juga Jenisnya

Bukan Hanya Pahit! Ini Karakteristik Kopi Robusta yang Banyak Digemari di Indonesia, Intip Juga Jenisnya

Bukan hanya pahit! Ini karakteristik kopi robusta yang banyak digemari di Indonesia, intip juga jenisnya--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Meski banyak dikonsumsi oleh masayarakat Indonesia, namun tidak semua orang mengetahui karakteristik kopi robusta yang merupakan salah satu dari dua jenis kopi paling populer di Indonesia. 

BACA JUGA:12 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Tubuh, Turunkan Berat Badan hingga Jaga Kesehatan Jantung

Penikmat kopi pastinya sudah tidak asing dengan nama kopi robusta lantaran kopi ini selalu menjadi pilihan Penikmat kopi setelah kopi arabika. 

Kopi Robusta memiliki karakteristik unik yang membedakannya dengan jenis kopi lainnya. Kopi robusta dikenal juga sebagai turunan dari beberapa jenis kopi lainnya. 

BACA JUGA:Kopi dan Teh Pantang Dikonsumsi Bersama 5 Jenis Makanan Ini, Efeknya Bisa Picu Penyakit Kronis

Kopi robusta sendiri pertama kali ditemukan di Kongo, Afrika Tengah pada abad ke-19 kemudian menyebar ke seluruh dunia hingga ke Indonesia.  

Kopi ini populer di Asia Tenggara dan mulai di tanam di Indonesia pada abad ke-20 oleh Belanda. Saat ini, kopi robusta berkembang di daerah Sumatera, Sulawesi dan Jawa. 

BACA JUGA:Curi Kopi untuk Beli Beras, Pria di Kepahiang Mendekam di Balik Jeruji Besi

Penggunaan kopi robusta biasanya terkenal untuk penggunaan komersial seperti di cafe-cafe. Karena rasanya, kopi robusta terkenal di kalangan masyarakat. 

Bagi kamu pecinta kopi, sudahkah kamu mengetahui seperti apa karakteristik dan rasa dari kopi robusta ini? Simak artikel berikut ini untuk mengetahui informasi selengkapnya. 

BACA JUGA:Intip Sederet Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama Kopi dan Teh, Ada Lemon hingga Yogurt

Apa Itu Kopi Robusta?

Kopi Robusta merupakan kopi yang banyak ditemui di Indonesia dan merupakan persilangan dari beberapa varietas kopi yang didominasi oleh jenis Coffea canephora. 

Nama kopi robusta berasal dari salah satu karakteristiknya yang 'kuat'. Kata ini diterjemahkan dari Bahasa Inggris robust. Seperti namanya, kopi ini memiliki rasa yang kuat dengan sensasi pahit yang lebih tajam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: