dempo

Mengenal Stunting, Gangguan Pertumbuhan pada Anak yang Dapat Intai Si Kecil, Apa Dampaknya?

Mengenal Stunting, Gangguan Pertumbuhan pada Anak yang Dapat Intai Si Kecil, Apa Dampaknya?

Mengenal stunting, gangguan pertumbuhan pada anak yang dapat intai si kecil, apa dampaknya?--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Penting untuk mengenal stunting pada anak lantaran masalah stunting ini masih menjadi salah satu permasalahan krusial yang dialami oleh banyak anak di Indonesia. 

BACA JUGA:5 Cara Atasi Speech Delay pada Anak, Perhatian Orang Tua Jadi Kunci Utama

Stunting sendiri merupakan suatu kondisi gizi kronis yang dapat terjadi karena kekurangan asupan gizi dalam jangka waktu yang lama sehingga dapat menyebabkan pertumbuhan anak menjadi terganggu. 

Sayangnya, masih banyak orang tua yang tidak mengenai apa itu stunting dan juga ciri yang terjadi pada anak yang mengalami stunting.

BACA JUGA:Parents, Yuk Deteksi Speech Delay pada Anak Sejak Dini! Ini Tandanya

Padahal mengetahui hal ini penting untuk dilakukan agar orang tua dapat menghindari kondisi ini, terutama oleh pasangan yang hendak menikah atau mereka yang mempersiapkan kehamilan

Stunting juga dapat menjadi penyebab tinggi badan anak menjadi terhambat sehingga anak akan terlihat lebih rendah dibandingkan dengan anak-anak seusianya. 

BACA JUGA:8 Penyebab Speech Delay pada Anak, Salah Satunya Gangguan Pendengaran

Tidak jarang para orang tua dan sebagian masyarakat justru menganggap jika tubuh anak yang pendek tersebut merupakan sebuah faktor genetika yang tidak ada kaitannya dengan masalah kesehatan

Orang tua tidak tahu jika faktor genetika hanya memberikan pengaruh kecil pada kondisi kesehatan seseorang apabila dibandingkan dengan faktor lingkungan dan juga pelayanan kesehatan. 

BACA JUGA:Bunda, Yuk Kenali Apa Itu Speech Delay pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Stunting ini mulai terjadi pada saat anak masih berada di dalam kandungan dan akan terlihat saat mereka memasuki usia dua tahun. 

Ikatan Doker Anak Indonesia (IDAI) sperti yang dilansir dari laman halodoc.com menerangkan bahwa stunting merupakan perawakan pendek pada balita yang terjadi akibat kekurangan gizi kronik. 

BACA JUGA:Cegah Penyalahgunaan Narkoba pada Anak, Kejati Bengkulu Gelar Edukasi di SMA St Carolus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: