KPU

6 Cara Cegah Stunting pada Anak, Lakukan Sejak Masa Kehamilan

6 Cara Cegah Stunting pada Anak, Lakukan Sejak Masa Kehamilan

6 cara cegah stunting pada anak, lakukan sejak masa kehamilan --(Sumber Foto: Doc/BETV)

Cara Mencegah Stunting pada Anak

1. Memenuhi Nutrisi Selama Masa Kehamilan

Cara pertama yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk mencegah stunting ini adalah dengan memenuhi nutrisi pada anak selama masa kehamilan. 

Penuhan nutrisi ini penting untuk pertumbuhan dan juga perkembangan janin sehingga sebaiknya konsumsi makanan bergizi seperti buah-buahan, sayuran, protein, zat besi, asam folat, dan kalsium selama kehamilan.

BACA JUGA:Parents, Yuk Deteksi Speech Delay pada Anak Sejak Dini! Ini Tandanya

Tidak hanya itu, ibu juga dapat melakukan konsultasi dengan dokter kandungan tentang makanan dan suplemen apa yang paling diperlukan selama masa kehamilan untuk mencegah stunting. 

2. Pemberian ASI Eksklusif 6 Bulan

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mencegah stunting ini adalah dengan memberikan ASI atau Air Susu Ibu eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan bayi. 

BACA JUGA:8 Penyebab Speech Delay pada Anak, Salah Satunya Gangguan Pendengaran

Pemberian asi eksklusif ini dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak secara optimal lantaran ASI mengandung zat gisi yang penting untuk dapat melindungi bayi dari infeksi.

3. Pemberian MPASI yang Bergizi

Selain pemberian ASI, pemberian Makanan pendamping ASI atau MPASI juga merupakan hal yang tak kalah pentingnya untuk pencegahan stunting pada anak. 

BACA JUGA:Bunda, Yuk Kenali Apa Itu Speech Delay pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Setelah anak berusia 6 bulan, orang tua dapat memperkenalkan MPASI pada mereka berupa beberapa jenis makanan seperti buah-buahan, sayuran, sumber protein, biji-bijian, dan makanan yang mengandung zat besi. 

Pastikan untuk memberikan makanan yang bervariasi dan juga bergizi seimbang pada anak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: