dempo

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Komunitas Peduli Lingkungan Ingatkan Pesisir Bengkulu Bakal Tenggelam

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Komunitas Peduli Lingkungan Ingatkan Pesisir Bengkulu Bakal Tenggelam

Komunitas peduli lingkungan hidup se-Provinsi Bengkulu menggelar aksi di Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024. --(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Komunitas peduli lingkungan hidup se-Provinsi BENGKULU menggelar aksi di Hari lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024. 

Sebanyak 184 desa dan kelurahan di sepanjang pesisir Provinsi Bengkulu diperkirakan akan tenggelam pada tahun 2050 sebagai akibat Krisis iklim.

"Tragedi bencana pada tahun 2050 tersebut akan menjadi kenyataan, karena diperkirakan suhu rata-rata bumi akan mencapai 2 derajat celcius. Dengan suhu 2 derajat, es di kutub akan mencair sehingga sekitar 70 persen daerah pesisir pantai di seluruh dunia akan mengalami kenaikan permukaan air lebih dari 20 cm," ungkap Manager Sekolah Energi Bersih Kanopi Hijau Indonesia, Hosani, pada aksi Hari Lingkungan Hidup, 5 Juni 2024.

BACA JUGA:Terancam Hukuman Mati, Tersangka Pembunuhan di RS An-Nissa Rejang Lebong Ngaku Menyesal

Hosani menjelaskan, 184 desa dan kelurahan yang akan tenggelam tersebut tersebar di sepanjang 525 kilometer di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Kabupaten Seluma, Bengkulu Selatan dan Kaur.

"Dalam waktu 26 tahun lagi objek wisata andalan Kota Bengkulu yakni Pantai Panjang, Benteng Marlborough, dan kawasan perbelanjaan di pesiisr pantai diperkiraan juga akan tenggelam," ujar Hosani.

BACA JUGA:Dinas TPHP Prediksi Harga Biji Kopi di Bengkulu Tetap Stabil Saat Idul Adha

Hosani menambahkan, ancaman abrasi, intrusi air laut, dan kehilangan daratan adalah hal yang perlu diantisipasi. 

Transisi energi yang sekarang sedang dilaksanakan oleh negara justru mengarah kepada kerusakan wilayah baru dan penuh dengan solusi palsu.

BACA JUGA:Mahasiswa di Bengkulu Tipu Teman Sendiri, Modus Pinjam Laptop Lalu Digadaikan

Menyadari kenyataan buruk tersebut, puluhan peserta Aksi Lingkungan Hidup Sedunia-Bengkulu 2050. Jangan Diam!

Dimana beranggotakan mahasiswa, komunitas, siswa dan organisasi non pemerintah menyampaikan sikap kritis dalam bentuk teatrikal, orasi dan pembacaan puisi. 

Aksi Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini didominasi oleh pelajar Bengkulu yang tergabung dalam Sekolah Energi Bersih. 

BACA JUGA:Apple Rilis MacBook Air M3, Intip Harga dan Spesifikasi Lengkapnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: