KPU

9 Perkara yang Dilarang di Bulan Dzulhijjah, Riya saat Beramal Salah Satunya

9 Perkara yang Dilarang di Bulan Dzulhijjah, Riya saat Beramal Salah Satunya

Ilustrasi. Perkara yang dilaran di bulan Dzulhijjah.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Memasuki bulan Dzulhijjah, umat muslim harus tahu perkara yang tidak boleh dilakukan pada bulan ini, salah satunya riya saat beramal.

Allah SWT sangat memuliakan bulan Dzulhijjah yang merupakan bulan terakhir di kalender hijriyah.

Diketahui, ada beberapa perkara yang dilarang pada bulan ini untuk menyempurnakan amalan sunnah yang dicintai Allah SWT. 

BACA JUGA:Bulog Bengkulu Pastikan Stok Pangan Aman Hadapi Idul Adha 2024

Salah satu perkara yang dikarang dilakukan oleh muslim di bulan ini adalah Riya saat beramal.

Sesungguhnya Allah SWT sangat mencintai umatnya yang beribadah di bulan ini, namun menjadi golongan yang dibenci ketika muslim tersebut riya.

Dilansir dari sonora.id, berikut perkara yang dilarang pada bulan Dzulhijjah:

BACA JUGA:Jadwal, Niat, dan Tata Cara Puasa Dzulhijjah Jelang Idul Adha 2024

1. Memotong Kuku Bagi yang Berkurban 

Perkara yang dilarang di bulan Dzulhijjah yang pertama adalah memotong kuku bagi yang melaksanakan ibadah kurban. Hal ini tertuang di dalam hadis riwayat Muslim no. 1997.

Pada hadis tersebut dikatakan bahwa bagi yang ingin berkurban terhitung pada tanggal 1 sampai hari berkurban dilarang memotong rambut dan kuku.

2. Memotong Rambut

Perkara yang tidak boleh dilakukan di bulan Dzulhijjah selanjutnya adalah memotong rambut. Hal ini diriwayatkn pada hadis yang sama di atas dengan bunyi yang sama.

Dikatakan, hal ini dilakukan agar amalan ibadah kurban yang dilakukan diterima Allah SWT.

BACA JUGA:Niat, Tata Cara, dan Keutamaan Puasa Arafah Jelang Idul Adha 2024

3. Melalaikan Waktu Beramal 

Perkara yang tidak boleh dilakukan di bulan Dzulhijjah berikutnya adalah melalaikan waktu beramal. Seperti yang diketahui bahwa bulan Dzulhijjah menjadi salah satu bulan yang paling dicintai oleh Allah SWT karena ada banyak amalan sunnah yang bisa dikerjakan.

Mengerjakan amalan sunnah pada bulan ini akan mendapatkan pahala yang tidak terkira, bahkan dapat menghapus dosa masa lalu dan masa depan. Oleh karena itu, melalaikan waktu beramal sangat dilarang pada bulan ini.

Larangan yang wajib dijauhi oleh umat muslim di bulan Dzulhijjah berikutnya adalah melalaikan waktu beramal.

Sebagaimana disebutkan dalam HR. Bukhari yang berbunyi: 

"Tiada hari-hari yang amal shalih di dalamnya lebih dicintai Allah daripada hari-hari ini. Yakni 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah, mereka (para sahabat) bertanya: Wahai Rasulullah, dan tidak juga berjihad di jala" (HR. Bukhari dan Muslim). 

BACA JUGA:Niat, Tata Cara, dan Keutamaan Puasa Arafah Jelang Idul Adha 2024

4. Berbuat Dzalim 

Selain melaliakan waktu beramal, berbuat dzalim juga sangat dilarang pada bulan ini. Hal tersebut karena perbuatan ini mendatangkan dosa yang dibenci oleh Allah SWT.

5. Tidak Banyak Berdoa 

Perkara yang dilarang pada bulan Dzulhijjah lainnya adalah tidak banyak berdoa. Seperti yang diketahui bahwa bulan ini menjadi salah satu waktu yang paling dimuliakan oleh Allah SWT.

Oleh karena itu kamu harus banyak berdoa karena ada hari di mana semua doa-doa akan dikabulkan pada bulan ini. Allah melarang orang yang tidak banyak berdoa dan melalaikan momen ini.

HR. At-Tirmidzi yang berbunyi, "Sebaik-baiknya doa adala di hari Arafah,". 

BACA JUGA:Jelang Idul Adha, Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Pastikan Harga TBS Kelapa Sawit Tetap Stabil

6. Riya saat Beramal 

Perkara yang dilarang di bulan Dzulhijjah selanjutnya adalah Riya saat beramal. Meskipun pada bulan Dzulhijjah dianjurkan untuk banyak melakukan perbuatan terpuji namun bukan berarti yang melakukan bisa riya, karena hal tersebut termasuk sifat yang paling dibenci Allah SWT.

7. Menganggap Sepele Amalan Sunnah 

Perkara yang dilarang di bulan Dzulhijjah brikutnya adalah menganggap sepele amalan sunnah. Sebagai informasi bahwa pada bulan ini terdapat banyak amalan sunnah yang memberikan imbalan luar biasa.

Bagi muslim yang menyepelekan amalan sunnah akan diganjarkan dosa, hal tersebut karena Allah SWT membenci orang yang menyepelehkan.

BACA JUGA:Makin Dekat dengan Allah SWT, Ini 7 Manfaat Berkurban di Hari Raya Idul Adha

8. Tidak Mandi saat Idul Adha 

Perkara yang dilarang pada bulan Dzulhijjah selanjutnya adalah tidak mandi saat sholat Idul Adha. Sholat adalah perantara untuk menghadap kepada-Nya.

Oleh karena itu sebelum menghadap Allah SWT harus dalam keadaan yang suci, bersih, dan wangi. 

Hal ini disebutkan langsung dalam HR. Al-Baihaqi yang berbunyi: "Seorang lelaki bertanya kepada Ali radhiallahu’anhu tentang mandi, ia menjawab: ‘Mandilah setiap hari jika engkau mau.’ Lelaki tadi berkata: ‘Bukan itu, tapi mandi yang benar-benar mandi.’ Ali menjawab: ‘Mandi di hari Jum’at, Idul Fitri, Idul Adha dan hari Arafah," (HR. Al Baihaqi). 

BACA JUGA:6 Tradisi Idul Adha di Indonesia yang Unik dan Penuh Makna, Meugang di Aceh hingga Abda’u di Maluku Tengah

9. Memberikan Kesulitan pada Orang Lain 

Perkara yang dilarang pada bulan Dzulhijjah terakhir adalah memberikan kesulitan pada orang lain. Hal ini diriwayatkan oleh 

Muslim, yaitu: "Ya Allah, barangsiapa yang mengurusi umatku lantas dia merepotkan (membuat susah) umatku, maka repotkanlah dia," (HR. Muslim).

Demikian informasi perkara yang dilarang di bulan Dzulhijjah, semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: