KPU

6 Cara Jitu Atasi Kecanduan Game Online pada Anak, Peran Orang Tua Dibutuhkan

6 Cara Jitu Atasi Kecanduan Game Online pada Anak, Peran Orang Tua Dibutuhkan

6 cara jitu atasi kecanduan game online pada anak, peran orang tua dibutuhkan--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Orang tua perlu mengadapi tantangan yang berarti dalam mendidik anak termasuk mencari cara mengatasi anak kecanduan game online karena permasalahan yang satu ini semakin marak terjadi. 

BACA JUGA:5 Cara Cegah Anak Kecanduan Game Online, Orang Tua Perlu Tegas!

Hal ini tidak terlepas dari kemajua teknologi dan semua yang serba digital hingga anak pun terbiasa bermain game di gadget selama berjam-jam. 

Bermain game online ini mungkin menjadi sarana untuk mengisi waktu luang bagi anak, hal ini juga sejatinya memiliki dampak positif seperti untuk mengasah kemampuan mereka dalam memecahkan masalah. 

BACA JUGA:Game Online Bikin Candu, Ternyata Ini Penyebabnya, Ketahui Segera dan Cegah Sebelum Terlambat!

Namun game ini dapat menyebabkan kecanduan terutama jika dilakukan secara terus menerus dalam jangka waktu panjang dan tanpa adanya pengawasan dari orang tua. 

Kecanduan game online sendiri merupakan sebuah kondisi yang ditandai dengan kurangnya kontrol atas kebiasaan untuk bermain game sehingga berdampak negatif pada banyak aspek kehidupan seseorang. 

BACA JUGA:Awas! 5 Bahaya Ini Incar Anak yang Kecanduan Game Online, Buat Anak Jadi Agresif

Tidak hanya itu, kecanduan game online juga memiliki pola yang mirip seperti gangguan perjudian yang menganggap jika kemenangan menjadi salah satu alasan utama untuk bermain. 

Jika seharusnya game online dimainkan sebagai hobi untuk mengisi waktu luang, namun saat ini game online seolah menjadi kebutuhan terutama bagi anak-anak

BACA JUGA: Deteksi Sejak Dini! Ini 5 Tanda Anak Kecanduan Game Online

Selain itu, jenis kecanduan yang terjadi akibat game online ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami berbagai masalah psikologis seperti gangguan kecemasan dan juga depresi apabila terus dibiarkan begitu saja. 

Untuk itu, penting bagi orang tua untuk terus mengawasi anak mereka agar tidak mengalami kecanduan game. 

BACA JUGA:Si Kecil Kecanduan Gadget? Cegah dengan 6 Cara Mudah Ini, Coba Ajak Anak Lakukan Aktivitas Lain

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: