dempo

3 Penyebab Utama yang Bikin Kolesterol dalam Tubuh Meroket, Salah Satunya Gaya Hidup Tak Sehat

3 Penyebab Utama yang Bikin Kolesterol dalam Tubuh Meroket, Salah Satunya Gaya Hidup Tak Sehat

3 penyebab utama yang bikin kolesterol dalam tubuh meroket, salah satunya gaya hidup tak sehat--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Penyebab kolesterol tinggi di dalam tubuh sebenarnya dapat diketahui dengan jelas, namun sayang masih banyak orang yang mengabaikan hal tersebut dan masih melakukannya. 

BACA JUGA:Catat! Ini 5 Cara Turunkan kolesterol Tinggi pada Tubuh, Berhenti Merokok hingga Kelola Stres

Salah satu contohnya adalah gaya hidup yang tidak sehat. Banyak orang mengetahui jika gaya hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan kolesterol, namun mereka masih melakukan hal tersebut. 

Kolesterol merupakan lemak yang diproduksi oleh tubuh dan dapat berasal dari makanan hewani dan membantu tubuh untuk dapat memproduksi vitamin D, sejumlah hormon dan juga asam empedu untuk mencerna lemak

BACA JUGA:7 Gejala Kolesterol Tinggi pada Tubuh, Salah Satunya Sering Ngantuk

Di dalam darah, senyawa kolesterol dibawa oleh protein dan gabungan keduanya disebut sebagai lipoprotein

Lipoprotein ini dibagi menjadi dua jenis utama, yaitu lipoprotein dengan kepadatan rendah (LDL) atau kolesterol jahat dan juga lipoprotein dengan kepadatan tinggi (HDL) atau kolesterol baik

BACA JUGA:7 Jenis Makanan Bikin Kolesterol Naik, Nggak Cocok Dikonsumsi Saat Sedang Diet

Sebenarnya kolesterol ini tidak berbahaya jika berada di dalam kadar yang sesuai, faktanya kandungan ini justru diperlukan oleh tubuh untuk dapat membangun sel-sel baru agar tubuh dapat berfungsi secara normal. 

Namun jika kadarnya melebihi batas normal di dalam tubuh, maka kolesterol akan menupuk di pembuluh darah dan membentuk plak sehingga dapat menyumbat pembuluh darah

BACA JUGA:Punya Kolesterol Tinggi? Begini Cara Aman Konsumsi Daging Kurban Biar Tetap Sehat

Kolesterol merupakan lemak yang diproduksi secara alami oleh organ hati. Meski demikian, lemak juga dapat ditemukan dari berbagai sumber lain seperti hewan dalam bentuk daging dan susu. 

Ketika kadar kolesterol di dalam tubuh terlalu tinggi, maka hal tersebut disebut kolesterol tinggi dimana penyakit ini seringkali dialami oleh orang dewasa namun dapat juga dialami oleh anak-anak. 

BACA JUGA:5 Tips Cepat Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi di Dalam Tubuh, Apa Saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: