dempo

6 Cara Mudah Merawat Orang Tua Lanjut Usia, Pastikan Kenyamanannya

6 Cara Mudah Merawat Orang Tua Lanjut Usia, Pastikan Kenyamanannya

Ilustrasi. Cara mudah merawat orang tua lanjut usia, pastikan kenyamanannya.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Orang tua menjadi salah satu peran penting dalam kehidupan setiap anak. Sejak kecil sudah dirawat, dan ada saatnya anak akan merawat orang tuanya.

Semakin bertambah usia, orang tua akan memerlukan perawatan dan perhatian dari anaknya. Dalam hal ini, orang tua akan masuk ke tahap lanjut usia (lansia) yang mana orang tersebut sudah mencapai usia 60 ke atas.

Kebanyakan para lansia akan mengalami kondisi fisik yakni gangguan pendengaran, penglihatan, katarak, nyeri punggung dan leher, radang sendi, diabets, depresi, hingga demensia.

BACA JUGA:5 Olahraga Ringan Cocok Dilakukan Oleh Anak-anak Sampai Lanjut Usia, Dijamin Aman Auto Makin Sehat

Sehingga sangat penting memperhatikan kondisi orang tua yang sudah lanjut usia. Sebagai anak tentu memiliki kewajiban untuk tetap berbakti kepada keduanya.

Kita dibesarkan dengan penuh kasih sayang. Bahkan sejak masih dalam buaian, kemudian setelah beranjak dewasa kita dapat merawat orang tua dengan cara yang sama.

Dikutip dari berbagai sumber, berbakti kepada kedua orang tua dalam Islam sering disebut juga dengan birrul walidain serta hal ini wajib sifatnya, karena setiap anak diwajibkan untuk bisa berbakti kepadaa orang tua.

BACA JUGA:Lansia Perlu Menjaga Berat Badan Ideal, Simak Tips Hidup Sehat Lainnya untuk Kelompok Lanjut Usia Ini di Sini

Allah berfirman dalam surah Al-Ahqaf ayat 15 yang artinya:

"Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya".

Menurut American psychological association, ada banyak manfaat dari kita merawat orang tua. manfaat tersebut ialah memberi sebuah kepuasan tersendiri karena memahami bahwa orang yang dicinta memperoleh perawatan sangat baik dan terjaga.

Kedewasaan anak pun akan bertumbuh, ketika dapat merawat orang tua dengan baik, serta semakin punya tujuan hidup dan lebih bermakna.

BACA JUGA:Kelompok Lanjut Usia Perlu Kalsium Lebih, Inilah 5 Manfaat Konsumsi Susu Bagi Lansia

Sebagai anak tentu kita sangat berharap dapat membahagiakan mereka, dalam hal ini wujud bukti itu bisa dikerjakan kapan pun, sebagai bentuk rasa kasih sayang dan syukur kita sebagai hamba Allah SWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: