KPU

Idul Adha Disebut Hari Raya Kurban, Ini Manfaat Berkurban yang Jarang Diketahui

Idul Adha Disebut Hari Raya Kurban, Ini Manfaat Berkurban yang Jarang Diketahui

Ilustrasi. Idul Adha disebut Hari Raya Kurban, ini manfaat berkurban yang jarang diketahui.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan bagi Muslim yang mampu melaksanakan ibadah kurban. Sebagaimana diketahui, Idul Adha disebut juga dengan Hari Raya Kurban dan siapa saja boleh berkurban.

Penyembelihan hewan kurban menjadi momen penting dalam perayaan. Tradisi ini kerap dilakukan masyarakat Indonesia, sehingga di hari raya tersebut akan ada banyak orang yang akan berbagi kebahagiaan.

Tidak hanya sebagai tradisi, perayaan ini juga memiliki makna yang dalam dan menjadi salah satu cara agar lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

BACA JUGA:5 Cara Biar Tetap Sehat Konsumsi Daging Kurban Idul Adha, Dijamin Aman Asal Tidak Berlebihan

Pada tahun ini, lebaran Idul Adha menurut prediksinya akan dirayakan pada Senin 17 Juni 2024. Masyarakat dapat menantikan dan mempersiapkan kedatangan hari raya ini.

Setiap setahun sekali pada 10 Dzulhijjah akan dilaksanakan perayaan tersebut. Sementara penyembelihan hewan kurban sendiri akan dilakukan pada 10, 11, 12, 13 Dzulhijjah dalam kalender Hijriah.

Dalam perayaan Idul Adha ini juga dilaksanakan sholat 'id secara berjamaah. Setelah selesai sholat baru akan ada sesi penyembelihan dan pembagian daging kurban kepada mereka yang membutuhkan.

BACA JUGA:Meugang hingga Abda’u, Ini 6 Tradisi Unik di Indonesia saat Lebaran Idul Adha

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat berkurban di Hari Raya Idul Adha yang jarang diketahui.

1. Mendapat keberkahan hidup

Seseorang yang berkurban di Hari Raya Idul Adha bisa mendapat keberkahan dalam hidupnya. Manfaat ini bisa dirasakan setiap orang yang dengan senang hati berkurban.

Terlebih mereka yang merasa lebih bersyukur saat menyaksikan penyembelihan hewan kurban. Sebab dengan bersyukur seseorang akan menjalani hidup penuh dengan keberkahan dan terhindari dari penyakit hati.

BACA JUGA:Sambut Idul Adha dengan 7 Outfit Muslimah Ini, Kaftan Paling Direkomendasikan

2. Amalan yang dicintai Allah SWT

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: