KPU

Jangan Anggap Remeh! Depresi Bisa Rusak Masa Depan Anak, Atasi dengan 3 Cara Ini

Jangan Anggap Remeh! Depresi Bisa Rusak Masa Depan Anak, Atasi dengan 3 Cara Ini

Ilustrasi. Jangan anggap remeh! Depresi bisa rusak masa depan anak, atasi dengan 3 cara ini--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Apabila hal ini terus dibiarkan, maka lama kelamaan kondisi ini akan semakin parah sehingga membatasi kemampuan anak dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. 

Oleh sebab itu, jika para orang tua telah mengetahui penyebab dan juga gejala anak mengalami depresi, sekarang orang tua perlu mengetahui cara untuk mengatasinya jika hal tersebut terjadi pada anak. 

BACA JUGA:Parents, Yuk Kenali Ciri-ciri Anak Alami Depresi, Mudah Marah hingga Terus Gelisah

Untuk itu, berikut telah BETV rangkum dari beberapa sumber informasi mengenai cara untuk mengatasi depresi ini agar dapat kamu simak dalam artikel ini. 

Cara Mengatasi Depresi pada Anak

1. Psikoterapi

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan psikoterapi yang bertujuan untuk melatih dan juga membimbing pasien untuk dapat mengenali perasaan, kondisi, dan juga pikiran yang dialaminya. 

BACA JUGA:Kurangi Gejala Depresi di Masa Kehamilan, Ini 8 Manfaat Buncis untuk Ibu Hamil

Salah satu jenis psikoterapi yang biasanya digunakan untuk mengatasi masalah depresi ini adalah Cognitive Behavioral Therapy atau CBT.

Terapi ini ada dan bertujuan untuk dapat membantu pasien agar dapat menghadapi masalah yang mereka miliki dengan sikap dan juga perilaku yang positif. 

BACA JUGA:Ampuh Kurangi Gejala Depresi, Ini 5 Manfaat Sayur Buncis untuk Kesehatan

2. Mengonsumsi Obat-obatan

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi depresi ini adalah dengan mengonsumsi obat-obatan. Namun hal ini hanya dilakukan apabila psikoterapi yang dilakukan kurang optimal untuk memperbaiki kondisi anak. 

Biasanya jenis obat-obatan yang umum yang digunakan merupakan obat-obatan golongan selective serotonin reuptake inhibitors (SSRI), yaitu kelompok obat yang dapat meningkatkan kadar hormon serotonin di dalam otak sehingga membantu meningkatkan perasaan bahagia.

BACA JUGA:Bunda, Anak Juga Bisa Alami Depresi, Ini Ciri dan Cara Mengatasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: