dempo

Kenali Istilah Strict Parents yang Bikin Anak Terkekang, Apa Dampaknya pada Si Kecil?

Kenali Istilah Strict Parents yang Bikin Anak Terkekang, Apa Dampaknya pada Si Kecil?

Ilustrasi. Mengenal istilah orang tua strict parents --(Sumber : Doc/BETV)

BETVNEWS - Istilah strict parents biasanya dihubungkan dengan orang tua yang terlalu mengekang anak dan melarang anak untuk melakukan banyak hal. 

BACA JUGA:6 Ciri Orang Tua Strict Parents, Salah Satunya Punya Banyak Tuntutan

Definisi ini merupakan hal yang cukup tepat lantaran strict parents merupakan pola pengasuhan ketat dari orang tua sehingga melibatkan berbagai aturan dan juga pembatasan yang kaku pada anak. 

Pembatasan yang kaku ini bisa merupakan perilaku, pilihan, aktivitas, ideologi yang dipegang, hingga rutinitas harian yang dilakukan oleh anak. 

BACA JUGA:Orang Tua, Yuk Pahami 4 Jenis Pola Asuh Ini dan Dampaknya pada Anak, Mana yang Lebih Baik?

Istilah strict parents sendiri merupakan istilah yang berasal dari Bahasa Inggris yang berarti ornag tua yang ketat dan kaku sehinga merujuk pada orang tua yang memberikan aturan ketat pada anak. 

Strict parents ini diberlakukan dengan harapan agar anak bisa patuh, namun ternyata pola asuh ini justru dapat memberikan banyak dampak negatif pada anak. 

BACA JUGA:Dikenal Sebagai Pola Asuh Kaku, Ternyata Ini Dampak Positif Strict Parents bagi Anak

Orang tua strict parents seringkali menggunakan jenis pola asuh otoriter akan memberikan banyak aturan ketat yang harus dipahami oleh anak. Tidak hanya itu, orang tua ini biasanya juga akan menaruh espektasi yang tinggi pada anak mereka. 

Bagi orang tua yang menjadi strict parents ini, aturan yang biasanya ditetapkan oleh mereka sama sekali tidak bisa ditawar sehingga pergerakan anak akan semakin dibatasi. 

BACA JUGA:Mengenal Strict Parents, Pola Asuh yang Bikin Anak Terkekang, Apa Akibatnya?

Meski sebenarnya menerapkan aturan pada anak merupakan hal yang wajar, namun strict parents seringkali memberikan aturan yang justru terkesan berlebihan. 

Tidak hanya itu, strict parents juga seringkali menerapkan hukuman tertentu pada anak mereka, hukuman ini mengikuti aturan yang telah dibuat. 

BACA JUGA:Wakil Bupati Sebut Pola Asuh Sebabkan Angka Stunting di Seluma Naik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: