dempo

Warga Binaan Lapas Curup Ikut Berkurban di Momen Iduladha 2024

Warga Binaan Lapas Curup Ikut Berkurban di Momen Iduladha 2024

Kendati masih menjalani masa pidana sebagai warga binaan pemasyarakatan atau WBP, makna ibadah berbagi kepada sesama melalui momen Iduladha tetap bisa dirasakan WBP di Lapas Kelas IIA Curup yang menampung warga binaan dari tiga Kabupaten di Provinsi Bengk--(Sumber Foto: Daman/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Kendati masih menjalani masa pidana sebagai warga binaan pemasyarakatan atau WBP, makna ibadah berbagi kepada sesama melalui momen Iduladha tetap bisa dirasakan WBP di Lapas Kelas IIA Curup yang menampung warga binaan dari tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu, yakni Rejang Lebong, Kepahiang dan Lebong dengan ikut berkurban.

BACA JUGA:Makna Idul Adha dalam Menghayati Pengorbanan dan Keikhlasan

Disampaikan Kepala Lapas Kelas II A Curup, Ronaldo Devinci Talesa pada Idul Qurban tahun 2024.

Lapas Curup kembali melaksanakan penyembelihan hewan kurban, yang berbeda dari tahun sebelumnya yang diikuti karyawan dan petugas Lapas, namun tahun ini untuk peserta kurban juga berasal dari warga binaan.

“Tahun ini ada 4 sapi dan 1 ekor kambing untuk dikurban, jadi selain dari karyawan kita, tahun ini untuk kurban ini juga ada yang dari warga binaan," kata Ronaldo Devinci Talesa, Senin (17/06).

BACA JUGA:Warga Desa Purbosari Seluma Rayakan Idul Adha, Sembelih 12 Ekor Sapi dan 1 Kambing

Lebih lanjut, Kalapas menerangkan untuk warga binaan yang berkurban ini dikoordinir lansung oleh Petugas Lapas, yang mana untuk tahun ini ada penambahan jumlah hewan kurban dari tahun lalu, yang hanya memotong 3 sapi kurban. 

BACA JUGA:Daging Hewan Kurban Iduladha di Masjid At-Taqwa Kota Bengkulu Bebas dari Cacing Hati

“Untuk yang berkorban ini didominasi dari warga binaan, total ada 29 orang yang berkurban,” sambungnya.

Untuk daging kurban ini sendiri, nantinya akan dibagikan kepada keluarga warga binaan yang berkurban, dan juga akan diberikan kepada warga binaan lainnya, yang diolah masakannya dari dapur umur Lapas Curup.

Dengan adanya kurban ini, Kalapas pun mengatakan hari raya Idul Adha ini jadi momentum proses pembinaan kerohanian bagi WBP.

BACA JUGA:Warga Desa Purbosari Seluma Rayakan Idul Adha, Sembelih 12 Ekor Sapi dan 1 Kambing

“Intinya ini jadi salah peningkatan iman, taqwa dan ibadah. Alhamdulillah, dengan adanya warga yang turut berkurban, ini sebagai tanda bahwa mereka sudah memaknai arti iman taqwa, dan ini yang memang kita inginkan, adanya peningkatan setiap tahun,” katanya.

Sementara itu, Yoba Ricardo salah satu warga binaan dari Kabupaten Lebong merasa bersyukur, dirinya bersama teman-teman warga binaan lainnya masih bisa ikut melaksanakan kurban pada lebaran tahun ini, dan berbagi dengan WBP lainnya yang sudah seperti keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: