KPU

Khawatir Kolesterol Naik Usai Idul Adha? Coba Turunkan dengan 5 Cara Mudah Ini

Khawatir Kolesterol Naik Usai Idul Adha? Coba Turunkan dengan 5 Cara Mudah Ini

Ilustrasi. Cara menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh usai Idul Adha--(Sumber : Doc/BETV)

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh adalah dengan berolahraga secara teratur. Aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh. 

Kamu dapat melakukan olahraga setidaknya sebanyak 5 kali seminggu selama 30 menit. Beberapa rekomendasi olahraga yang dapat kamu lakukan di antaranya sebagai berikut. 

BACA JUGA:Jangan Tertipu Kelezatannya, 6 Makanan Ini Picu Kolesterol Tinggi dalam Tubuh

  • Berjalan cepat setiap hari 
  • Mengendarai sepeda untuk bekerja
  • Bermain olahraga favorit, seperti badminton, sepak bola, atau voli

3. Berhenti Merokok

Untuk mencegah kadar kolesterol naik, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok untuk menaikkan kadar kolesterol baik di dalam darah. Hal ini penting untuk dilakukan karena mereka yang merokok memiliki kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah. 

BACA JUGA:3 Penyebab Utama yang Bikin Kolesterol dalam Tubuh Meroket, Salah Satunya Gaya Hidup Tak Sehat

4. Mengelola Stres

Stres dapat memicu naiknya kadar kolesterol jahat di dalam darah sehingga kamu perlu berusaha untuk mengelola stress dengan baik. 

Hal ini lantaran saat stress tubuh akan melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang dapat berpengaruh pada kadar kolesterol di dalam tubuh.

BACA JUGA:Catat! Ini 5 Cara Turunkan kolesterol Tinggi pada Tubuh, Berhenti Merokok hingga Kelola Stres

Kedua hormon tersebut sejatinya memiliki dampak baik, seperti tubuh yang dapat memperoleh energi yang lebih besar karena kortisol dapat meningkatkan kadar gula darah yang menjadi sumber energi. 

Namun jika jumlahnya terlalu tinggi, maka produksi trigliserida juga akan semakin tinggi sehingga menyebabkan kadar kolesterol di dalam tubuh ikut meningkat pula. 

BACA JUGA:7 Gejala Kolesterol Tinggi pada Tubuh, Salah Satunya Sering Ngantuk

Oleh sebab itu, kamu perlu mengelola stress dengan melakukan berbagai hal yang dapat meningkatkan suasana hati agar stress tidak menjadi berlarut-larut. 

5. Batasi Konsumsi Minuman Beralkohol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: