dempo

Pir Asia hingga Taylor's Gold, Ini 5 Jenis Buah Pir yang Perlu Diketahui

Pir Asia hingga Taylor's Gold, Ini 5 Jenis Buah Pir yang Perlu Diketahui

Ilustrasi. Jenis-jenis buah pir.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Berikut jenis buah pir yang perlu diketahui, ada pir Asia hingga Taylor’s gold, yuk simak ulasannya di sini.

Buah menjadi salah satu asupan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh, termasuk buah pir.

Namun tahukah kamu? Ternyata buah pir memiliki beberapa jenis yang berbeda.
Pyrus atau pir kerap ditemui di toko-toko buah supermarket atau pinggir jalan, cita rasanya yang manis dan segar membuat buah ini banyak disukai.

Buah ini berasal dari Asia tengah kemdian menyebar ke berbagai daerah di seluruh Indonesia.

BACA JUGA:Yuk Jelajahi Manfaat Buah Semangka untuk Kecantikan! Bisa Cegah Penuaan Dini hingga Atasi Jerawat

Masing-masing jenis buah pir memiliki bentuk dan cita rasa yang berbeda. Saah satu jenis buah pir yang biasanya ada di Indonesia adalah pir taylor's gold.

Katanya buah pir satu ini memiliki rasa manis dengan kandungan air yang berlimpah, warnanya keemasan dan sangat cocok dengan namanya.

Tidak hanya itu, ada juga jenis pir Asia yang diperjualkan di toko buah Indonesia.

Meskipun memiliki warna dan bentuk yang berbeda, namun kandungan vitamin dan nutrisi yang terkandung di dalamya tetap sama, berikut jenis buah pir yang penting diketahui:

BACA JUGA:5 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan, Salah Satunya Ampuh Turunkan Kolesterol

Jenis Buah Pir yang Ada di Indonesia

1. Pir Asia

Jenis buah pir yang penting diketahui pertama adalah pir Asia, jenis pir Asia adalah pir yang seringkali ditemui di Indonesia. Buah ini tumbuh dan dibudidayakan di Asia Timur dan kini telah dibudiayakan di berbagai negara lain di dunia. 

Ukuran buah ini besar dan memiliki cita rasa menyegarkan lantaran memiliki kandungan air yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis pir lain yang berasal dari Eropa. 

BACA JUGA:3 Ide Olahan Buah Pir Lezat yang Wajib Dicoba, Ini Resepnya

Oleh sebab itu, pir Asia ini lebih nikmat saat dikonsumsi secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu. Pir ini kurang cocok untuk dijadikan selai atau di panggang. 

Ciri fisik dari buah ini adalah bentuknya yang besar dan bulat menyerupai apel, meski demikian warna kulit buah ini biasanya berwarna oranye. 

BACA JUGA:9 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan, Turunkan Kolesterol hingga Cegah Masalah Lambung

2. Pir Bost

Jenis pir lainnya yang sering ditemui di Indonesia adalah pir Bosc yang juga dikenal sebagai pir kaiser. 

Pir ini berasal dari Prancis dan juga Belgia. Namanya diambil dari nama ahli hortikultura asal Prancis bernama Louis Bosc.

Ciri khas pir ini adalah bentuknya yang lonjong dengan bagian bawahnya yang membesar serta warna kuklitnya yang keemasan. Tekstur buah ini sedikit lebih keras apabila dibandingkan dengan pir asia. 

BACA JUGA:Buah Kurma hingga Es Cendol, Ini 7 Takjil Rekomendasi untuk Buka Puasa Dzulhijjah

Meski daging buahnya sedikit keras, namun buah ini tetap segar karena memiliki kandungan air yang banyak. 

Berkat teksturnya, buah ini cocok untuk dipanggang atau direbus (poaching). Menu buah pir yang direbus ini bahkan menjadi salah satu hidangan penutup yang populer di wilayah Eropa. 

3. Pir Anjou

Pir anjou juga merupakan salah satu pir yang sering ditemui di Indonesia. Pir ini diperkirakan berasal dari wilayah Belgia yang berbahasa Prancis lantaran namanya. 

BACA JUGA:Cek 7 Daftar Buah Cegah Obesitas, Paling Mujarab Pakai Markisa Hingga Jeruk

Bentuk pir ini lonjong dengan bagian bawah yang melebar, ciri lainnya adalah warna kulitnya yang merah dan hijau. Saat dikonsumsi secara langsung, cita rasa buah ini adalah manis dengan sedikit rasa asam seperti melon. 

4. Pir Comice

Pir ini merupakan pir yang pertamakali dibudidayakan di Prancis dan memiliki rasa yang paling manis di antara pir lainnya. 

Karena itu pir ini seringkali dijadikan hantaran dan dikemas untuk diberikan saat momen spesial seperti Natal dan Tahun Baru. 

BACA JUGA:Es Buah Melon Selasih hingga Es Lumut Mangga, Ini 7 Resep Minuman Segar untuk Buka Puasa Dzulhijjah

Pir ini juga seringkali disebut sebagai Christmas Pear dengan ciri khas bentuk yang lonjong namun tidak terlalu panjang bahkan cenderung membulat. Kulit luar pir ini hijau muda dengan sentuhan merah muda di beberapa titik. 

Daging buah ini berwarna putih dengan tekstur agak keras. Meski demikian, pir ini memiliki kandungan air yang banyak seperti pir-pir lainnya. 

5. Pir Taylor's Gold

Pir ini pertama kali ditemukan di Selandia baru, namanya diambil dari ciri warna kulitnya yang cantik, dengan warna cokelat keemasan dan mulus dengan kesan mengkilap.

BACA JUGA:5 Manfaat Buah Melon untuk Kecantikan, Bikin Wajah Cerah Merona dan Glowing Alami

Bentuk buah ini mirip seperti Pir Comice, sedikit membulat dengan ujung yang lebih kecil di salah satu sisinya. Tekstur daging buah ini lembut dan berair dan kaya rasa. 

Pir ini dapat dimakan secara langsung, namun dapat pula diproses seperti direbus dipanggang, atau diolah menjadi masakan yang lain. 

Itulah jenis-jenis buah pir yang penting diketahui, semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: