dempo

10 Bahaya Tidur Berlebih Bagi Kesehatan, Sebabkan Obesitas Salah Satunya

10 Bahaya Tidur Berlebih Bagi Kesehatan, Sebabkan Obesitas Salah Satunya

Ilustrasi. Bahaya tidur berlebih bagi kesehatan.--Sumber foto: (Doc/BETV)

2. Obesitas

Kebanyakan tidur dapat menimbulkan rasa lapar yang berlebih. Hal ini, terjadi akibat hormon ghrelin pada lambung.

BACA JUGA:6 Cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Cukupkan Kebutuhan Yodium

Hormon ini menciptakan rasa lapar yang mengarah kepada makanan yang mengandung karbohidrat dan rasa manis yang berlebih.

Akhirnya, seorang yang terlalu sering tidur akan lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula berlebih lalu kehilangan kendali untuk mengontrol kebiasaan tersebut yang kemudian membuat badan obesitas.

3. Diabetes

Tidur berlebih juga dapat sebabkan diabetes, karena kebiasaan ini bisa membuat gula darah melonjak hingga tidak terkontrol.

Kadar gula darah yang tinggi memicu resiko terkena diabetes semakin tinggi. 

Hal ini, telah dibuktikan oleh penelitihan yang menyebutkan bahwa tidur lebih dari 9 jam akan bereiko 50% lebih besar menderita diabetes.

BACA JUGA:Cakap Turunkan Kolesterol, Daun Mahoni Tawarkan 8 Manfaat Ini untuk KesehatanBACA JUGA:Cakap Turunkan Kolesterol, Daun Mahoni Tawarkan 8 Manfaat Ini untuk Kesehatan

5. Sakit Punggung

Selain sakit kepala, saat terbangun dari tidur yang lama punggung pun akan terasa pegal-pegal. Hal ini, terjadi karena badan dalam posisi yang sama dengan waktu yang lama. Terlebih saat telentang, punggung yang menjadi tumpuhan berat badan akan terasa kaku dan nyeri.

6. Depresi

Sebagian orang yang memiliki kebiasaan tidur yang berlebih dapat disebabkan karena mengalami gangguan mental atau depresi.

Tidur terlalu lama juga dapat menyebabkan gangguan cemas, sulit konsentrasi, serta dapat mengurangi daya ingat (pelupa) dan muda lelah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: