dempo

Kemungkinan Dampak Imbas Pemblokiran Aplikasi X oleh Kominfo, Bisa Pengaruhi Ekonomi

Kemungkinan Dampak Imbas Pemblokiran Aplikasi X oleh Kominfo, Bisa Pengaruhi Ekonomi

Ini dampak yang mungkin terjadi sebagai imbas rencana pemblokiran aplikasi X oleh Kominfo, bisa pengaruhi ekonomi--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Bahkan jika seseorang menggunakan platform ini untuk berbisnis atau melakukan pekerjaan online, maka pemblokiran X dapat berimbas pada perekonomian mereka. 

Tidak sedikit orang yang menggunakan X baik untuk bisnis pribadi ataupun bisnis besar untuk dapat menjangkau pelanggan. 

BACA JUGA:Tagar STYout Mencuat di Twitter, Mungkinkah Shin Tae Yong Didepak dari Kursi Pelatih Timnas Indonesia?

Bahkan banyak pula para pelaku usaha kecil yang turut mengandalkan platform ini sebagai sarana untuk berbisnis seperti penjualan atau pemasaran. 

Oleh sebab itu, jika pemblokiran ini dilakukan maka para pelaku bisnis kecil ini dapat mengalami imbas seperti penurunan pendapatan yang drastis. 

BACA JUGA:Elon Musk Tutup Kantor Twitter, Hastag #RIPTwitter Jadi Trending Dunia

Bukan hanya itu saja, pemblokiran aplikasi X ini juga dapat berpengaruh pada perubahan dunia digital Indonesia lantaran banyak pengguna yang mungkin beralih ke aplikasi lain yang sejenis. 

Namun tidak menutup kemungkinan jika pengguna akan memilih untuk menggunakan teknologi VPN untuk dapat tetap mengakses aplikasi X ini dengan resiko keamanan yang mungkin terjadi. 

BACA JUGA:Siap-siap! Akun Centang Biru Twitter Harus Bayar 300 Ribu Per Bulan

Bahkan pemblokiran X ini juga dapat berdampak pada sosial dam politik, misalnya kontroversi yang timbul dapat memberikan pengaruh pada opini publik terhadap kebijakan pemerintah. 

Publik mau tidak mau akan menaruh perhatian pada kontrol internet dan juga kebebasan berpendapat dan merasa jika kebebasan tersebut telah diikut campuri atau bahkan dicabut dari hak setiap orang. 

BACA JUGA:Twitter Sebagai Media Informasi, Efektifkah?

Tidak hanya itu, pemblokiran ini juga tentunya dapat memiliki dampak luas termasuk pada masalah ekonomi serius yang dapat diterima oleh orang-orang. 

Oleh sebab itu, peran pemerintah di sini sangat penting untuk dapat mempertimbangkan berbagai macam sudut pandang dalam tindakan untuk pemblokiran X ini mengingat masyarakat semakin terhubung dengan dunia digital. 

BACA JUGA:Dinas Kominfotik Provinsi Bengkulu Sembelih 2 Ekor Sapi di Hari Raya Idul Adha 1445 H

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: