dempo

6 Gejala Anemia pada Anak, Kulit Pucat hingga Napas Pendek

6 Gejala Anemia pada Anak, Kulit Pucat hingga Napas Pendek

6 gejala anemia pada anak, kulit pucat hingga napas pendek--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Mengetahui gejala anemia pada anak penting untuk dilakukan agar orang tua dapat segera melakukan pencegahan sebelum kondisi bertambah parah. 

BACA JUGA:Baik Bagi Pengidap Anemia, Ini 10 Manfaat Pare untuk Kesehatan

Banyak orang tua yang tidak mengetahui jika anak juga dapat mengalami anemia dan menganggap masalah kesehatan yang satu ini hanya bisa dialami oleh orang dewasa. 

Padahal penting bagi orang tua untuk mengetahui gejala ini lantaran jika dibiarkan berlarut-larut, anemia dapat menyebabkan anak mengalami penurunan kesehatan secara signifikan. 

BACA JUGA:7 Cara Mudah Cegah Anemia pada Ibu Hamil, Makan Makanan Tinggi Zat Besi Salah Satunya

Di saat bersamaan, hal ini juga dapat menyebabkan pertumbuhan anak menjadi terganggu karena darah akan sulit mensuplai oksigen ke semua bagian tubuh anak. 

Biasanya anemia disebabkan oleh kurangnya zat besi di dalam tubuh anak. Namun tidak menutup kemungkinan hal ini juga disebabkan oleh masalah kesehatan lain seperti infeksi atau paparan racun tertentu. 

BACA JUGA:Jangan Abaikan! Ini 9 Ciri-ciri Anemia pada Ibu Hamil, Lesu hingga Tekanan Darah Rendah

Anemia sendiri merupakan suatu kondisi saat jumlah sel darah merah di dalam tubuh menurun di bawah normal untuk anak sehingga membuat mereka menjadi pucat, mudah rewel, lelah, dan juga lemah. 

Kondisi ini tentunya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari anak sehingga orang tua sebaiknya segera mengetahui gejalanya agar dapat mengatasinya lebih cepat. 

BACA JUGA:Kurang Asupan Vitamin B12 Sebabkan Anemia pada Ibu Hamil, Cek 7 Penyebab Lainnya di Sini

Jika anak mengalami anemia dan kekurangan sel darah merah atau hemoglobin di dalam tubuh, maka kondisi ini dapat menyebabkan jaringan dan organ dalam tubuh kekurangan oksigen

Hal ini lantaran hemoglobin memiliki peran penting untuk mengikat oksigen dan mengedarkannya ke seluruh tubuh. 

BACA JUGA:5 Manfaat Kacang Mete untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Mencegah Anemia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: