KPU

5 Tanda Anak Kecanduan Game Online yang Perlu Diwaspadai, Terobsesi hingga Isolasi Diri

5 Tanda Anak Kecanduan Game Online yang Perlu Diwaspadai, Terobsesi hingga Isolasi Diri

5 tanda anak kecanduan game online yang perlu diwaspadai, terobsesi hingga isolasi diri--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Mengenali tanda anak kecanduan game online penting diketahui oleh orang tua agar dapat segera mengatasinya sebelum terlambat atau mencegahnya sebelum terjadi. 

BACA JUGA:Anak Alami Anemia? Coba Atasi dengan 5 Cara Ini, Salah Satunya Berikan Makanan Bergizi

Saat ini, anak seringkali menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain video game melalui ponsel yang dikenal juga dengan sebutan game online

Bermain game tentu hal yang boleh-boleh saja untuk dilakukan, namun waktu permainan perlu dibatasi agar tidak mengganggu aktivitas lainnya, apalagi jika sampai anak mengalami kecanduan. 

BACA JUGA:Si Kecil Kecanduan Gadget? Cegah dengan 6 Cara Mudah Ini, Coba Ajak Anak Lakukan Aktivitas Lain

Kecanduan game online sendiri merupakan sebuah kondisi yang ditandai dengan kurangnya kontrol atas kebiasaan untuk bermain game sehingga berdampak negatif pada banyak aspek kehidupan seseorang. 

Tidak hanya itu, kecanduan game online juga mirip seperti gangguan perjudian yang menganggap jika kemenangan menjadi salah satu alasan utama untuk bermain. 

BACA JUGA:Orang Tua, Yuk Kenali 5 Penyebab Anak Kecanduan Gadget Ini, Cegah Sebelum Terlambat

Jika seharusnya game online dimainkan sebagai hobi untuk mengisi waktu luang, namun saat ini game online seolah menjadi kebutuhan. 

Bukan hanya itu saja, saat ini bahkan marak game online yang bersifat menghabiskan uang sehingga tentunya dapat merugikan penggunanya terutama anak-anak

BACA JUGA:5 Penyebab Anak Kecanduan Gadget, Kurang Pengawasan hingga Ikuti Kebiasaan Orang Tua

Anak yang kecanduan game online tentunya menjadi tidak fokus pada kehidupan sehari-hari lainnya, termasuk pada tugas-tugas sekolah yang akhirnya terbengkalai. 

Selain itu, jenis kecanduan yang terjadi akibat game online ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami berbagai masalah psikologis seperti gangguan kecemasan dan juga depresi apabila terus dibiarkan begitu saja. 

BACA JUGA:Waspada! Ini 6 Bahaya Kecanduan Gadget pada Anak, Bisa Ganggu Pola Tidur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: