dempo

Awas! Ini 5 Bahaya Anak Kecanduan Game Online, Bisa Sebabkan Perubahan Mood hingga Insomnia

Awas! Ini 5 Bahaya Anak Kecanduan Game Online, Bisa Sebabkan Perubahan Mood hingga Insomnia

Awas! Ini 5 bahaya anak kecanduan game online, bisa sebabkan perubahan mood hingga insomnia--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Orang tua perlu mengetahui bahaya anak kecanduan game online sebelum terlambat dan berusaha untuk mencegah agar hal ini tidak terjadi pada anak

BACA JUGA:Si Kecil Kecanduan Gadget? Cegah dengan 6 Cara Mudah Ini, Coba Ajak Anak Lakukan Aktivitas Lain

Oleh sebab itu, penting bagi orang tua untuk menyadari sejak dini jika anak mereka terindikasi kecanduan game online agar dapat mengatasinya dengan segera. 

Bermain game merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi anak sehingga banyak anak seringkali menghabiskan banyak waktu untuk dapat terus memainkan video game

BACA JUGA:Bikin Khawatir, 6 Bahaya Ini Intai Si Kecil yang Kecanduan Gadget, Apa Saja?

Jika terus dibiarkan, hal ini dapat membuat anak menjadi kecanduan yang dapat berpengaruh pada tumbuh kembang mereka nantinya. 

Bermain game sendiri tentu merupakan hal yang boleh untuk dilakukan untuk mengisi waktu luang bagi anak, namun bermain gadget atau game secara berlebihan tentunya dapat menimbuikan banyak dampak bagi anak terutama jika mereka telah sampai pada tahap kecanduan. 

BACA JUGA:Orang Tua, Yuk Kenali 5 Penyebab Anak Kecanduan Gadget Ini, Cegah Sebelum Terlambat

Kecanduan game online sendiri merupakan sebuah kondisi yang ditandai dengan kurangnya kontrol atas kebiasaan untuk bermain game sehingga berdampak negatif pada banyak aspek kehidupan seseorang. 

Tidak hanya itu, kecanduan game online juga mirip seperti gangguan perjudian yang menganggap jika kemenangan menjadi salah satu alasan utama untuk bermain. 

BACA JUGA:5 Penyebab Anak Kecanduan Gadget, Kurang Pengawasan hingga Ikuti Kebiasaan Orang Tua

Anak yang kecanduan game online tentunya menjadi tidak fokus pada kehidupan sehari-hari lainnya, termasuk pada tugas-tugas sekolah yang akhirnya terbengkalai. 

Selain itu, jenis kecanduan yang terjadi akibat game online ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami berbagai masalah psikologis seperti gangguan kecemasan dan juga depresi apabila terus dibiarkan begitu saja. 

BACA JUGA:Waspada! Ini 6 Bahaya Kecanduan Gadget pada Anak, Bisa Ganggu Pola Tidur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: