dempo

Perburuk Gejala Rematik, Ini 7 Bahaya Lain Mandi Malam bagi Kesehatan

Perburuk Gejala Rematik, Ini 7 Bahaya Lain Mandi Malam bagi Kesehatan

Ilustrasi. bahaya mandi malam untuk kesehatan tubuh.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Mandi malam dapat menyebabkan gejala rematik memburuk yuk simak bahaya lainnya di sini.

Mandi atau kegiatan membersihkan tubuh dari kotoran yang menempel akibat aktivitas sehari-hari idealnya dilakukan dua kali dalam sehari yakni, pada pagi hari dan sore hari.

Namun akibat aktivitas yang tidak menentu kerapkali seseorang mandi ketika sudah malam hari. Padahal mandi malam sangat berbahaya untuk kesehatan apalagi jika dilakukan terus menerus.

BACA JUGA:Kenali 8 Manfaat Buah Bengkoang Ini Untuk Kesehatan, Kandungannya Ampuh Mencegah Stroke

Selain masuk angin, mandi malam juga dapat sebabkan gangguan kesehatan lain seperti memperburuk gejala rematik. Jika kamu memiliki riwayat penyakit tersebut, mandi malam akan memperparah grjalanya.

Tidak hanya itu, mandi pagi juga bisa sebabkan hipotermia, karena kondisi tubuh pada malam hari tidak sefit saat pagi, sehingga jika seluruh badan diguyur dengan air dingin bisa menurunkan suhu tubuh secara drastis.

Masih ada banyak bahaya mandi malam untuk kesehatan yang harus kamu waspadahi seperti sebabkan otot kaku, sebabkan flu, hingga kejang.

BACA JUGA:Ampuh Cegah Dehidrasi, Buah Melon Tawarkan 10 Kebaikan Ini untuk Kesehatan, Cek Sekarang

Melansir dari hellosehat.com, mandi malam dapat berdapak buruk bagi kesehatan, adapun penyakit yang disebabkan oleh mandi malam sebagai berikut:

1. Memperburuk gejala rematik

Bahanya mandi malam yang pertama adalah dapat memperburuk gejala rematik. Suhu saat malam hari sangat berbahaya untuk penderita penyakit ini karena dapat menyebabkan bengkak pada persendian.

Rematik merupakan penyakit autoimun yang ditandai dengan gejala seperti persendian kaku, bengkak, terutama di jari-jari tangan atau kaki.

BACA JUGA:Benar-benar Ampuh Redakan Stres, Ini 10 Manfaat Mandi Pagi untuk Kesehatan, Kamu Wajib Coba

Hal ini telah dilakukan penelitian dengan jurnal Reumatologia Clinica, suhu yang terlalu dingin dapat memperparah gejala rematik, terutama bagi orang yang sudah lanjut usia.

2. Menyebabkan otot kaku

Kedinginan akibat mandi malam juga dapat membuat otot menjadi kaku. Hal ini karena suhu dingin yang mengguyur tubuh dapat membuat sirkulasi darah menurun lalu menyebabkan otot-otot menjadi tegang dan kaku.

Mandi malam tidak hanya berbahaya bagi penderita rematik. Namun, juga berbahaya untuk kondisi tubuh yang sehat sekalipun. Selain menyebabkan otot menjadi kaku, mandi malam juga dapat membuat demam.

BACA JUGA:Cukup Tidur Tepat Waktu Setiap Hari, Ini 7 Manfaat Kesehatan yang Dirasakan

3. Bisa menyebabkan flu

Jika mandi saat pagi hari dapat menyembuhkan flu, berbeda dengan mandi malam yang malah menyebabkan flu. Hal ini karena virus pada tubuh lebih cepat menyebar dalam keadaan suhu tubuh yang renda atau saat kedinginan.

Flu tidak hanya dapat menyebabkan hidung tersumpat namun, juga dapat memicu terjadinya demam dan sakit kepala.

Hal ini sudah dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh Yale University tahun 2015. Dari penelitian ini diketahui bahwa virus yang menginfeksi rongga hidung yang bersuhu dingin lebih mudah menimbulkan penyakit influenza daripada yang menginfeksi rongga hidung bersuhu hangat.

BACA JUGA:Inilah Sederet Manfaat Air Putih untuk Kesehatan, Berkhasiat Paling Ampuh Atasi Sakit Kepala

4. Berisiko terkena bronkitis akut

Selain menyebabkan flu, mandi saat malam hari juga dapat menyebabkan peradangan saluran pernapasan atau bronkitis. Hal ini disebabkan oleh infeksi virus pada saluran pernapasan, karena suhu dingin yang mengguyur badan pada malam hari.

5. Asma berisiko kambuh

Mandi saat malam hari juga tidak dianjurkan oleh pengidap penyakit asma karena dapat beresiko kambuh. Hal ini karena perubahan suhu yang tiba-tiba memicu gangguan pada saluran pernapasan Anda. Menurut penelitian melalui jurnal Clinical and Translational Allergy mandi malam dapat menyebabkan saluran pernapasan tersumbat.

BACA JUGA:Tidak Sepenuhnya Buruk, Stres Ternyata Baik untuk Kesehatan, Ini Manfaatnya

6. Memicu kejang pada penderita epilepsi

Bahaya mandi malam selanjutnya adalah dapat menyebabkan kejang atu epilepsi. Bagi kamu yang memiliki riwayat kejang sebaiknya menghindarai mandi saat malam hari.

Selain temperatur yang rendah, kelembapan yang terlalu tinggi juga dapat memicu kejang. Hal ini menurut penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Epilepsia.

7. Berisiko mengalami hipotermia

Resiko mandi malam yang paling berbahaya adalah hipotermia atau kondisi dimana tubuh mengalami kedinginan yang luar biasa hingga mencapai suhu tubuh di bawah 35°C.

BACA JUGA:Lezat dan Kaya Nutrisi, Ini 9 Manfaat Apel Hijau untuk Kesehatan, Jaga Mata hingga Cegah Diabetes

Selain itu, suhu udara pada malam hari yang cenderung lebih dingin jika dibandingkan dengan suhu pada siang hari. Hal ini, dapat membuat suhu tubuh menurun drastis yang akhirnya menyebabkan hipotermia.

Adapun tanda-tanda hipotermia berupa tubuh menggigil, bibir membiru dan gemetar, kulit pucat, dan detak jantung meningkat. Kondisi ini lebih rentan dialami oleh bayi, anak kecil, dan lansia. Bila dibiarkan hingga suhu tubuh semakin rendah, hipotermia dapat menyebabkan tubuh kehilangan banyak energi, pingsan, bahkan berisiko kematian.

Nah, itulah bahaya yang dapat disebabkan oleh mandi saat malam hari. Bagi kamu yang memiliki kebiasaan mandi diatas jam 6 sore harus hati-hati ya. Yuk, biasakan mandi pagi dan sore hari untuk menghindari berbagai penyakit yang dapat membahayakan kesehatan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: