KPU

8 Manfaat Teh Kulit Apel untuk Kesehatan, Minuman Herbal Obati Sesak Napas

8 Manfaat Teh Kulit Apel untuk Kesehatan, Minuman Herbal Obati Sesak Napas

Ilustrasi. Manfaat teh kulit apel untuk kesehatan.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Kulit apel dapat diolah menjadi minuman herbal yang bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya obati sesak napas, simak informasi selengkapnya di sini.

Malus atau apel berasal dari Asia Tengah yang kemudian menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Apel menjadi buah yang populer karena rasanya lezat, biasanya apel diolah menjadi berbagai hidangan sehat dan enak.

Namun ternyata selain daging buahnya, kulit apel juga mampu memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh. Salah satu olahan kulit apel yang berkhasiat adala teh.

Diketahui, teh kulit apel mampu mengatasi berbagai permasalahan kesehatan seperti, obati sesak napas, menjernihkan penglihatan, meningkatkan kekuatan tulang dan gigi, membantu menurunkan berat badan, hingga mencegah kanker.

Manfaat tersebut berasal dari kandungan vitamin dan nutrisi baik yang dimilikinya mulai dari vitamin C, serat, zat besi, dan sifat antioksidan lainnya.

BACA JUGA:Tidak Hanya Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Ini Manfaat Lain Kulit Semangka untuk Kesehatan, Kamu Perlu Tahu

Khasiat teh kulit apel ini belum banyak yang tahu, oleh karena itu kulit apel masih sering diabaikan. Padahal rutin mengkonsumsinya setiap pagi sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh.

Kandungan kalsium yang terdapat di dalam teh kulit apel dipercaya efektif meningkatkan kekuatan tulang sehingga menjadi lebih sehat dan tidak mudah kropos.

Selain itu, vitamin A yang juga dimiliki teh kulit apel mampu meningkatkan kejernihan mata saat melihat. Melansir dari sajiansedap.grid.id, mengkonsumsi kulit apel dapat memberikan manfaat kesehatan berikut ini:

 BACA JUGA:8 Manfaat Anggur untuk Kesehatan, Turunkan Tekanan Darah hingga Jaga Kesehatan Kulit, Yuk Intip Kandungannya

1. Menyehatkan mata

Manfaat teh kulit apel untuk kesehatan yang pertama adalah membantu menyehatkan mata. Kandungan vitamin A dan C yang terdapat pada kulit buah apel dipercaya dapat membantu menyehatkan mata dan kulit. 

Selain itu, kandungan tersebut juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut karena vitamin C mampu menghadang radikal bebas yang ingin merusak penglihatan, sehingga kesehatan mata lebih terjaga. 

2. Menguatkan tulang dan gigi

Selain menyehatkan mata, teh kulit apel juga dipercaya dapat menguatkan tulang dan gigi. Hal ini karena terdapat kandungan kalsium dan fosfor yang dapat membuat tulang lebih padat dan kuat. Selain itu, mengkonsumsi teh kulit apel sangat berguna untuk kesehatan tulang dan struktur gigi.

BACA JUGA:6 Manfaat Sayur untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Cegah Pikun, Cek Lainnya di Sini

3. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat teh kulit apel untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu menurunkan berat badan.

Teh kulit apel memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan. 

Serat ini tidak hanya membersihkan sistem kekebalan tubuh tetapi juga membantu mengatur pergerakan usus. Kandungan ini juga membantu melindungi sistem kardiovaskular dan kesehatan pencernaan.

Di sisi lain, kandungan serat pada teh kulit apel efektif menahan kenyang lebih lama sehingga berat badan dapat lebih mudah dikontrol.

BACA JUGA:Praktis dan Alami, Cek 6 Tanaman yang Baik untuk Kesehatan Ini, Tanpa Perlu Skincare Dapat Kamu Coba

4. Melawan radikal bebas

Manfaat teh kulit apel selanjutnya adalah dapat membantu melawan radikal bebas. Hal ini karena terdapat kandungan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan mengurangi resiko serangan jantung, dan diabetes.

5. Mengobati sesak napas

Mengkonsumsi teh kulit apel juga dapat memberikan manfaat untuk pernapasan. Hal ini karena terdapat senyawa quercetin yang dapat melegahkan pernapasan dan melindungi kerusakan jaringan otak dan kehilangan memori.

6. Mengontrol Gula Darah

Kandungan yang terdapat pada teh kulit apel dipercaya dapat mengontrol kadar gula di dalam darah. Hal ini karena nutrisi yang ada bekerja sebagai penghambat aktivitas enzim yang bertanggung jawab atas gula darah dan mencegah pemecahan pati.

BACA JUGA:Ternyata Masker Kopi Ampuh Kurangi Peradangan Kulit, Cek 5 Manfaatnya untuk Kesehatan Wajah di Sini

7. Mencegah Pembentukan Batu Empedu

Manfaat mengkonsumsi teh kulit apel selanjutnya adalah dapat mencegah pembentukan batu empedu. Kandungan serat yang tinggi pada kulit apel ternyata dapat mencegah pembentukan batu empedu.

8. Mencegah Kanker

Sifat antikanker yang terkandung dalam teh kulit apel dapat melindungi tubuh dari sel kanker. Menurut penelitian dari University of Wisconsin, antioksidan dalam kulit apel memperlambat pertumbuhan sel untuk mencegah kanker seperti kanker prostat dan payudara. Penelitian ini menunjukkan bahwa kulit apel dapat melindungi tubuh terhadap penyakit jantung.

BACA JUGA:10 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan, Redakan Nyeri Haid hingga Ringankan Gejala Arthritis, Sudah Coba?

Demikian informasi mengenai manfaat teh kulit apel untuk kesehatan tubuh. Bagi kamu yang memiliki permasalahan kesehatan di atas, yuk coba dan buktikan sendiri khasiatnya. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: