dempo

Kurang Asupan Folat Sebabkan Anemia pada Ibu Hamil, Cek 7 Penyebab Lainnya

Kurang Asupan Folat Sebabkan Anemia pada Ibu Hamil, Cek 7 Penyebab Lainnya

Ilustrasi. Penyebab anemia pada ibu hamil.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Kurangnya asupan Folat pada nasa kehamilan dapat menyebabkan ibu hamil mengalami anemia, cek penyebab lainnya di sini.

Sebagai informasi anemia merupakan kondisi ketika sel darah merah ibu hamil tidak dalam jumlah yang cukup untuk mengalir ke seluruh tubuh.

Akibatnya organ tubuh tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya karena kekurangan aliran darah. Tentunya kondisi ini menyebabkan beberapa gangguan kesehatan mulai dari kelelahan, pusing, kulit pucat, sesak napas, detak jantung lebih kencang dari biasanya, hingga pingsan.

BACA JUGA:Selain Kesehatan, Kacang Mete Bermanfaat Untuk Kecantikan, Mengatasi Masalah Kulit hingga Rambut

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan ibu hamil mengalami anemia, salah satunya kekurangan asupan folat.

Diketahui folat bertugas untuk membantu proses pembentukan sel darah merah, sel janin, dan pembentukan DNA, sehingga ibu hamil sangat membutuhkan asupan folat yang cukup selama masa kehamilan.

Tidak hanya itu, kurangnya asupan vitamin B12, zat besi, masalah ginjal, dan kanker juga dapat menyebabkan anemia pada masa kehamilan.

Melansir dari kompas.com, berikut penyebab anemia pada ibu hamil yang perlu diketahui:

BACA JUGA:Sederet Manfaat Kacang Mete, Ampuh Untuk Menjaga Kesehatan, Sebaiknya Konsumsi Rutin di Pagi Hari

1. Kurang asupan vitamin B12 

Penyebab anemia pada ibu hamil yang pertama adalah kurangnya asupan vitamin B12 selama masa kehamilan. Seperti yang disampaikan sebelumnya bahawa vitamin B12 bertugas untuk membantu pembentukan sel darah merah di dalam tubuh.

Maka jika asupan vitamin tersebut tidak maksimal atau kurang tentu saja pembentukan sel darah merah dalam tubuh tidak optimal, kondisi inilah yang menyebabkan ibu hamil merasa kelelahan dan bahkan pusing.

Tidak hanya itu, sel darah merah sangat penting bagi ibu hamil karena diperlukan untuk mendukung pembentukan sel darah merah pada janin yang dikandung.

Adapun makanan yang mengandung sel darah merah adalah daging sapi, tuna, salmon, bayam, telur, pisang, dan hati hewan.

BACA JUGA:5 Manfaat Sayur Katuk untuk Kesehatan, Kandungannya Bisa Tingkatkan Produksi ASI hingga Atasi Peradangan

2. Kekurangan asupan folat 

Penyebab anemia pada ibu hamil berikutnya adalah kekurangan asupan folat. Diketahui folat berperan penting dalam pembentukan DNA, pertumbuhan sel, dan produksi darah.

Jika ibu hamil kekurangan asupan folat maka tidak hanya bahaya bagi kondisi ibu hamil namun juga bahaya untuk janin yang dikandung.

Hal tersebut karena ibu hamil yang kekurangan folat dapat menyebabkan anemia dan cacat lahir pada bayi. Terlebih folat juga berfungsi untuk membentuk protein baru di dalam tubuh yang menghasilkan sel darah merah.

BACA JUGA:6 Minuman Ini Baik untuk Kesehatan Ginjal, Ada Air Madu Lemon hingga Jus Delima

3. Kekurangan asupan zat besi 

Penyebab anemia pada ibu hamil selanjutnya adalah kekurangan asupan zat besi. Seperti yang diketahui bahwa zat besi berfungsi untuk membentuk hemoglobin.

Sebagai informasi, hemoglobin adalah sel darah merah yang bertugas untuk mengantarkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Jika asupan zat besi di dalam tubuh kurang pada saat hamil maka ibu hamil beresiko mengalami anemia dengan gejala yang disebutkan sebelumnya.

Adapun makanan yang mengandung zat besi adalah brokoli, daging, tahu, bayam, ikan, dan edamame.

BACA JUGA:Teh Jahe Baik untuk Kesehatan, Ampuh Mengatasi Perut Kembung, Cek Manfaat Lainnya di Sini

4. Penyakit pencernaan 

Penyebab anemia pada ibu hamil yang lainnya adalah penyakit pencernaan. Seperti yang diketahui bahwa masalah pencernaan kerap kali membuat tubuh merasa tak berdaya dan pusng.

Sama dengan ibu hamil, ketika sedang mengalami masalah pencernaan maka beresiko tinggi mengalami anemia karena kelelahan.

Selain itu, gangguan pencernaan dapat menggantu kesehatan ibuh hamil sehingga penyerapan vitamin B12, asam folat, maupun zat besi tidak dapat berjalan dengan baik.

BACA JUGA:Baik Bagi Pengidap Kolesterol, Cek 8 Manfaat Lain Jambu Biji untuk Kesehatan di Sini

5. Penyakit ginjal 

Selain masalah pencernaan, penyakit ginjal juga dapat menyebabkan anemia pada ibu hamil. Hal tersebut karena penyakit tersebut bisa memicu gangguan hormon yang dapat merangsang produksi sel darah merah.

Tidak hanya itu, penyakit ginjal bisa menganggu penyerapan zat besi yang salah sehingga bisa menyebabkan anemia.

6. Inflamasi kronis 

Penyebab anemia pada ibu hamil berikutnya adalah inflamasi kornis. Diketahui bahwa penyakit ini menyebabkan sistem imun ibu hamil menghasilkan protein sitokin yang kurang baik terhadap kesehatan ibu hami.

Adapun inflamasi kronis yang bisa menyebabkan anemia pada ibu hamil adalah HIV/AIDS Tuberkulosis (TBC) Sifilis Infeksi jantung Infeksi tulang.

BACA JUGA:Herbal Alami Cegah Obesitas, Ini 10 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

7. Kanker 

Penyebab anemia pada ibu hamil yang terakhir adalah kanker. Hal tersebut karena penyakit kanker seperti leukimia dapat mengggu produksi sel darah merah.

Hal inilah yang menyebabkan ibu hamil bisa mengalami anemia dengan gejala pusing, sesak nafas hingga jantung berdebar.

Demikian informasi mengenai penyebab anemia pada ibu hamil yang perlu diketahui, semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: