dempo

8 Penyebab Utama Kolesterol Tinggi, Salah Satunya Faktor Genetik

8 Penyebab Utama Kolesterol Tinggi, Salah Satunya Faktor Genetik

Ilustrasi. Penyebab kolesterol tinggi.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Berikut penyebab utama kolesterol tinggi yang wajib diketahui salah satunya faktor genetik, yuk simak ulasannya di sini.

Kolesterol merupakan kan kondisi ketika terdapat banyak lemak yang menyumbat pada plasma darah. Ketika kadar kolesterol terlalu tinggi maka penyumbatan tersebut menjadi cukup parah.

Akibatnya darah tidak dapat mengalir ke seluruh tubuh secara optimal. Kondisi ini berdampak pada kesehatan karena organ tubuh tidak mampu menjalankan tugas sebagaimana mestinya.

Kondisi ini disebabkan oleh berbagai hal salah satunya faktor genetik atau keturunan dari keluarga sedarah.

BACA JUGA:Menyebabkan Nyeri Ulu Hati hingga Batu Ginjal, Inilah 5 Efek Samping Mengonsumsi Kacang Mete Bagi Kesehatan

Selain itu, makanan berlemak juga menjadi salah satu penyebab kolesterol tinggi. Makanan berlemak membuat penyempitan pembuluh darah sehingga dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Di samping itu, pertambahan usia juga bisa memicu naiknya kadar kolesterol di dalam darah, karena semakin berumur seseorang maka metabolismenya semakin menurun.

Dengan begitu, makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat diproses dengan baik sehingga dapat menyumbat pembuluh darah.

Tidak hanya itu, minuman manis, alkohol, dan stres juga bisa menyebabkan kolesterol tinggi.

Melansir dari siloamhospitals.com, berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi:

BACA JUGA:Inilah 5 Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

1. Mengonsumsi Makanan Berlemak dan Minum Manis

Penyebab kolesterol tinggi yang pertama adalah mengkonsumsi makanan berlemak dan minuman manis.

Hal tersebut karena asupan makanan berlemak dan minuman manis membuat lemak jenuh menumpuk, penumpukan tersebut membuat kadar lemak jahat dalam tubuh menyumbat pembuluh darah.

Kondisi ini dapat mengganggu kesehatan jantung karena harus berkerja lebih keras agar darah mengalis ke otak dengan normal.

Oleh karenanya kondisi tersebut dapat menyebabkan gagal jantung dan stroke. Adapun makanan yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi adalah daging, gorengan, es krim, udang, kulit ayam, jeroan, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:Tambah Energi hingga Jaga Daya Tahan Tubuh, Ini 8 Manfaat Singkong untuk Kesehatan

2. Pertambahan Usia

Penyebab kolesterol tinggi selanjutnya adalah pertambahan usia. Hal ini karena semakin berumur seseorang maka metabolismenya semakin berkurang.

Kondisi tersebut membuat insulin tidak dapa mengontrol kadar kolesterol dengan maksimal sehingga mengganggu kesehatan organ lainnya.

Oleh karenanya, kolesterol kerap kali dialami oleh orang yang sudah berumur, meskipun ada beberapa anak muda yang juga terkena kolesterol karena faktor lain.

BACA JUGA:Tingkatkan Imunitas hingga Cegah Obesitas, Ini 7 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan

3. Sedentary Lifestyle

Penyebab kolesterol tinggi berikutnya adalah sedentary lifestyle atau gaya hidup.

Dikatakan bahwa, gaya hidup yang dijalani sangat berpengaruh terhadap kenaikan kadar kolesterol.

Orang yang jarang olaraga namun makan-makanan yang tidak sehat setiap harinya akan mengalami penumpukan lemak jahat setelah tua.

Berbeda dengan orang yang dari muda sudah berolaraga dan mengontrol asupan makanan tidak sehat, pada masa tua oragan tubuhnya akan lebih sehat.

Oleh karena itu orang yang jarang olaraga dan makan sembarangan kerap kali mengalami obesitas yang kahirnya terkena kolesterol.

BACA JUGA:Mengandung Air dan Serat Tinggi, Inilah 8 Manfaat Mengonsumsi Buah Melon untuk Kesehatan Ibu Hamil

4. Faktor Genetik

Selain gaya hidup, genetik juga termasuk salah satu penyebab kolesterol tinggi. Hal ini tidak dapat dipunkiri jika seseorang keluraga dengan riwayat kolesterol maka harus lebih ektra menerapkan gaya hidup sehat.

Selain itu, kondisi ini dapat diatasi dengan pengobatan familial hypercholesterolemia sama dengan pengobatan kolesterol tinggi pada umumnya.

5. Memiliki Kebiasaan Minum Alkohol

Penyebab kolesterol tinggi yang lainnya adalah memiliki kebiasaan minum alkohol. Diketahui, alkohol memiliki kadar gula yang sangat tinggo.

Gula menjadi penyabab utama meningkatnya kadar kolesterol di dalam darah sehingga dapat menghambat fungsi hati.

BACA JUGA:6 Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan, Jaga Kesehatan Tulang hingga Lancarkan Peredaran Darah

Alkohol sangat sulit diolah oleh oragan hati, sehingga menjadi penumpukan lemak jahat yang bisa menggangu kesehatan organ lain seperti jantung dan ginjal.

6. Mengalami Stres

Penyebab kolesterol tingga berikutnya adalah stres. Diketahui, pada saat mengalami kondisi ini seseorang cenderung mengkonsumsi makanan yang yang berlemak dan manis.

Oleh karenanya stres juga bisa memicu naiknya kadar kolesterol di dalam darah yang akhirnya bisa menyebabkan obesitas.

7. Hormon Tiroid Rendah

Penyebab kolesterol tinggi selanjutnya adalah hormon tiroid rendah. Padahal tiroid sangat memiliki peran penting dalam proses metabolisme tubuh.

Dengan rendahnya tiroid makan tubuh akan kesulitan dalam memecah kadar kolesterol jahat sehingga terjadilah penumpukan yang akhirnya menyebabkan berbagai kerusakan oragan.

BACA JUGA:Buat Kesehatan Lebih Terjamin, Intip Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Melon untuk Tubuh

8. Kehamilan dan Menopause

Penyebab kolesterol tinggi yang terakhir adalah kehamilan dan menopause. Dikatakan bahwa pada masa kehamilan kadar kolesterol cenderung mingkat.

Namun jika kadar kolesterol pada saat hamil terlalu tinggi maka dapat membahayakan janin dan ibu hamil karena dapat menyebabkan kerusakan hormon estrogen dan progesteron secara drastis. 

Demikian informasi mengenai penyebab kolesterol tinggi di dalam tubuh, semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: