dempo

Kenali 6 Jenis Sifat Manipulatif, Ada Gaslighting hingga Love Bombing

Kenali 6 Jenis Sifat Manipulatif, Ada Gaslighting hingga Love Bombing

Ilustrasi. Kenali 6 jenis sifat manipulatif, ada gaslighting hingga love bombing--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Dalam menjalani sebuah hubungan, kamu perlu mengenali jenis-jenis sifat manipulatif agar dapat mengenalinya dan juga mencari jalan keluar dari kondisi tersebut. 

BACA JUGA:Mengenal Sifat Manipulatif dalam Hubungan, Bisa Sebabkan Trauma hingga Masalah Mental

Sifat manipulatif ini sayangnya seringkali tidak disadari oleh para korban yang mengalami hal tersebut hingga mereka merasakan masalah mental dan emosional di kemudian hari. 

Manipulatif merupakan salah satu perilaku buruk yang merugikan orang lain lantaran akan membuat orang lain merasa bersalah dan mempertanyakan dirinya sendiri. 

BACA JUGA:4 Jenis Tantrum pada Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua, Salah Satunya Tantrum Manipulatif

Sifat manipulatif ini dapat ditemui dimana saja dan terjadi pada siapa saja termasuk di dalam sebuah hubungan romantis, hubungan pertemanan, hingga hubungan pekerjaan. 

Kamu tidak boleh meremehkan perilaku manipulatif lantaran perilaku ini dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang apabila terus dibiarkan sehingga penting untuk mengenali perilaku untuk lebih jauh agar dapat terhindar dari perilaku tersebut. 

BACA JUGA:Hati-hati! 5 MBTI Ini Memiliki Sifat Manipulatif, Jangan Sampai Tertipu

Perilaku-perilaku ini dilakukan agar korban percaya jika mereka bersalah dan pelaku merasa jika dirinya benar. Hal inilah yang menyebabkan korban manipulatif seringkali merasa bingung. 

Korban manipulatif ini juga sering merasa tidak yakin tentang apa yang harus mereka rasakan atau pikirkan, mereka juga akan meminta maaf atas sesuatu yang bahkan bukan merupakan kesalahan mereka. 

BACA JUGA:5 Zodiak Paling Red Flag Dalam Suatu Hubungan, Jago Playing Victim dan Manipulatif, Sangat Toxic!

Beberapa alasan yang menyebabkan seseorang berperilaku manipulatif adalah seperti untuk melindungi ego mereka, mendapatkan apa yang mereka inginkan dan juga menghindari tanggung jawab serta konsekuensi atas tindakan mereka. 

Perilaku manipulatif juga memiliki jenis yang berbeda yang dapat dialami oleh korban, beberapa di antaranya populer di kalangan generasi Z seperti istilah gaslighting dan juga love bombing. 

BACA JUGA:Mengenal Trust Issue dalam Hubungan, Lengkap dengan Cara Mengatasinya, Ini yang Perlu Kamu Lakukan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: