dempo

Ini 5 Penyebab yang Bikin Seseorang Punya Sisi Manipulatif, Ada Apa Saja?

Ini 5 Penyebab yang Bikin Seseorang Punya Sisi Manipulatif, Ada Apa Saja?

Ini 5 penyebab yang bikin seseorang punya sisi manipulatif, ada apa saja?--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Terdapat beberapa penyebab sifat manipulatif pada diri seseorang sehingga kamu perlu mengetahui hal ini dan menetukan sikap atas apa yang akan kamu lakukan. 

BACA JUGA:7 Ciri Orang Manipulatif yang Perlu Kamu Waspadai, Salah Satunya Suka Melebih-lebihkan Perkataan

Sikap manipulatif sendiri merupakan hal yang kerap terjadi di dalam suatu hubungan, entah dalam hubungan romantis, hubungan pertemanan, atau bahkan hubungan di dalam rekan kerja. 

Namun sifat manipulatif ini biasanya akan memberikan dampak yang kurang baik pada hubungan kedepannya dan jika terus dibiarkan hal ini dapat berkembang pada hal-hal yang merusak hubungan. 

BACA JUGA:Kenali 6 Jenis Sifat Manipulatif, Ada Gaslighting hingga Love Bombing

Sikap manipulatif sendiri merupakan sikap yang cukup berbahaya karena menjadi sikap yang ditunjukkan untuk memperoleh kekuasaan atau bahkan mempengaruhi emosi dan juga pikiran orang lain. 

Tak hanya itu, sikap ini juga bertujuan untuk mengendalikan orang lain agar segalanya berjalan sesuai dengan keinginan manipulator melalui perilaku-perilaku tertentu seperti yang paling populer adalah gaslighting

BACA JUGA:Mengenal Sifat Manipulatif dalam Hubungan, Bisa Sebabkan Trauma hingga Masalah Mental

Perilaku-perilaku ini dilakukan agar korban percaya jika mereka bersalah dan pelaku merasa jika dirinya benar. Hal inilah yang menyebabkan korban manipulatif seringkali merasa bingung. 

Korban manipulatif ini juga sering merasa tidak yakin tentang apa yang harus mereka rasakan atau pikirkan, mereka juga akan meminta maaf atas sesuatu yang bahkan bukan merupakan kesalahan mereka. 

BACA JUGA:4 Jenis Tantrum pada Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua, Salah Satunya Tantrum Manipulatif

Mereka yang memiliki sikap atau perilaku manipulatif biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut BETV rangkum beberapa penyebab sifat manipulatif ini ada pada diri seseorang. 

Penyebab Sifat Manipulatif

1. Pola Asuh Orang Tua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: