dempo

7 Cara Cegah Speech Delay pada Anak, Peran Orang Tua Jadi yang Utama

7 Cara Cegah Speech Delay pada Anak, Peran Orang Tua Jadi yang Utama

7 cara cegah speech delay pada anak, peran orang tua jadi yang utama--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Orang tua juga dapat membuat anak bicara untuk mencegah speech delay pada anak. Sebagai contoh, jika ada orang yang bertanya pada anak, sebaiknya biarkan anak untuk menjawabnya sendiri. 

BACA JUGA:Gemuk Bukan Berarti Sehat, Ibu Perlu Kenali Sederet Tanda Obesitas pada Anak Ini

Lalu jika ada jawaban anak yang kurang tepat, maka orang tua dapat menjelaskannya pada anak secara perlahan dan jangan menyabotase jawaban anak. 

5. Perhatikan Saat Anak Bicara

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mencegah speech delay pada anak adalah dengan memberikan perhatian penuh saat mereka sedang berbicara, 

BACA JUGA:Anak Kecanduan Game Online? Coba Atasi dengan 6 Cara Mudah Ini, Harus Punya Komitmen

Orang tua juga sebaiknya memberikan tanggapan dengan jawaban yang baik dan ajukan pertanyaan agar anak berbicara lebih banyak lagi. Orang tua juga perlu bersabar saat anak bicara dan dengarkan dengan baik tanpa menyela. 

6. Biarkan Anak Bergaul dengan Temannya

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menignkatkan stimulasi dari lingkungan sekitar anak termasuk dari teman-teman sebayanya yang sudah bisa berbicara dengan baik. 

BACA JUGA:5 Cara Cegah Anak Kecanduan Game Online, Peran Orang Tua yang Utama

7. Batasi Penggunaan Gawai

Anak juga dapat mengalami keterlambatan bicara akibat terlalu lama bermain gadget. Oleh sebab itu orang tua perlu membatasi screen time pada anak dan mengutamanakan interaksi dengan orang lain. 

Hal ini lantaran komunikasi dua arah dan interaksi bisa menjadi stimulus untuk perkembangan bicara aak-anak. Maka dari itu jika mereka dibiarkan bermain ponsel, maka mereka dapat mengalami hambatan dalam interaksi dengan orang lain. 

BACA JUGA:5 Penyebab Anak Kecanduan Game Online, Salah Satunya Kesalahan Pola Asuh Orang Tua

Ahli menyarankan jika untuk melarang anak yang berusia di bawah 2 tahun untuk menggunakan gadget apapun selain untuk melakukan panggilan video. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: