dempo

Bunda, Kenali Tanda Diabetes pada Anak Melalui 7 Gejala Ini

Bunda, Kenali Tanda Diabetes pada Anak Melalui 7 Gejala Ini

Ilustrasi. Bunda, kenali tanda diabetes pada anak melalui 7 gejala ini--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Gejala diabetes pada anak biasanya dapat terlihat jelas, namun tidak banyak orang tua yang dapat mengenali Gejala tersebut hingga anak benar-benar terkena penyakit yang satu ini. 

BACA JUGA:5 Cara Mencegah Diabetes yang Aman Dilakukan, Terapkan Pola Makan Sehat Salah Satunya

Diabetes adalah sebuah penyakit yang dapat menyerang siapa saja, termasuk anak-anak sekalipun sehingga orang tua perlu segera mengenali gejala yang diperlihatkan untuk dapat melakukan penanganan

Seperti yang dilansir dari laman Alodokter.com, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyebutkan jika angka kejadian diabetes pada anak usia 0-18 tahu di Indonesia meningkat sehingga terdapat lebih dari 1000 kasus dalam 10 tahun terakhir. 

BACA JUGA:5 Penyebab Diabetes pada Anak, Tidak Produksi Insulin Salah Satunya

Kebiasaan orang tua yang mengizinkan anak-anaknya untuk mengonsumsi makanan manis atau jajanan dengan kandungan gula yang tinggi dapat menjadi salah satu penyebabnya. 

Tipe diabetes yang seringkali ditemui pada anak-anak adalah diabetes tipe 1. Meski demikian, bukan berarti diabetes tipe 2 tidak dapat terjadi pada mereka. 

BACA JUGA:7 Ciri-ciri Diabetes pada Anak yang Harus Diwaspadahi, Kelelahan Ekstrem hingga Bau Napas

Biasanya diabetes tipe 1 terjadi pada anak yang tubuhnya tidak bisa lagi memproduksi hormon insulin untuk mengontrol kadar gula di dalam darah dan penyebabnya masih belum diketahui secara pasti.  

Namun diabetes ini dianggap terjadi akibat adanya kelainan autoimun yang menyebabkan fungsi pankreas menjadi terganggu. 

BACA JUGA:9 Manfaat Apel Hijau untuk Kesehatan, Cegah Diabetes Salah Satunya, Cek yang Lain

Kandungan gula darah yang terlalu tinggi ini nantinya akan membuat kerja organ di dalam tubuh menjadi terganggu sehingga orang tua biasanya mengatasi hal ini dengan memberikan suntikan insulin ke tubuh anak. 

Sementara itu, diabetes tipe 2 pada anak menjadi penyakit yang kronis serta memerlukan perawatan khusus. Penyakit ini biasanya dialami oleh orang dewasa meski juga dapat dialami oleh anak yang berusia di atas 10 tahun atau telah memasuki usia remaja. 

BACA JUGA:Penderita Diabetes Perlu Konsumsi 7 Minuman Ini! Salah Satunya Susu Rendah Lemak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: