dempo

7 Pemicu Diabetes pada Anak, Hindari Mulai Sekarang ya Bunda!

7 Pemicu Diabetes pada Anak, Hindari Mulai Sekarang ya Bunda!

Ilustrasi. 7 pemicu diabetes pada anak, hindari mulai sekarang ya bunda!--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Penting bagi para orang tua untuk mengetahui penyebab diabetes pada anak agar dapat menghindari pemicu tersebut untuk melindungi anak dari masalah kesehatan yang satu ini. 

BACA JUGA:Bunda, Kenali Tanda Diabetes pada Anak Melalui 7 Gejala Ini

Orang tua juga perlu mengingat jika diabetes ini bukan masalah kesehatan yang menyerang orang dewasa lantaran anak-anak juga dapat mengalaminya. 

Bahkan melansir dari laman halodoc.com, Ikatan Dokter Indonesia (IDAI) menyebut jika kasus diabetes pada anak ini meningkat hingga 70 kali dipat sejak tahu 2010 lalu. 

BACA JUGA:5 Cara Mencegah Diabetes yang Aman Dilakukan, Terapkan Pola Makan Sehat Salah Satunya

Banyak yang menjadi faktor penyebab pemicu kondisi ini, beberapa di antaranya seperti aktivitas anak yang bergantung pada gadget sehingga mereka kurang melakukan aktivitas fisik atau kurang berolahraga. 

Bukan hanya itu, diabetes ini juga dapat disebabkan oleh banyaknya konsumsi makanan dan juga minuman manis yang saat ini sangat mudah untuk didapat oleh anak. 

BACA JUGA:5 Penyebab Diabetes pada Anak, Tidak Produksi Insulin Salah Satunya

Tipe diabetes yang seringkali ditemui pada anak-anak adalah diabetes tipe 1. Meski demikian, bukan berarti diabetes tipe 2 tidak dapat terjadi pada mereka.

Biasanya diabetes tipe 1 terjadi pada anak yang tubuhnya tidak bisa lagi memproduksi hormon insulin untuk mengontrol kadar gula di dalam darah dan penyebabnya masih belum diketahui secara pasti.  

BACA JUGA:7 Ciri-ciri Diabetes pada Anak yang Harus Diwaspadahi, Kelelahan Ekstrem hingga Bau Napas

Namun diabetes ini dianggap terjadi akibat adanya kelainan autoimun yang menyebabkan fungsi pankreas menjadi terganggu. 

Kandungan gula darah yang terlalu tinggi ini nantinya akan membuat kerja organ di dalam tubuh menjadi terganggu sehingga orang tua biasanya mengatasi hal ini dengan memberikan suntikan insulin ke tubuh anak. 

BACA JUGA:9 Manfaat Apel Hijau untuk Kesehatan, Cegah Diabetes Salah Satunya, Cek yang Lain

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: