dempo

Kasus Meroket hingga 70 Kali Lipat, Segera Cegah Diabetes pada Anak dengan Cara Ini

Kasus Meroket hingga 70 Kali Lipat, Segera Cegah Diabetes pada Anak dengan Cara Ini

Ilustrasi. Kasus meroket hingga 70 kali lipat, segera cegah diabetes pada anak dengan cara ini--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Kasus diabetes pada anak yang semakin mengkhawatirkan membuat orang tua perlu mengetahui cara mencegah diabetes pada anak ini agar masalah kesehatan yang satu ini tidak terjadi pada buah hati. 

BACA JUGA:7 Pemicu Diabetes pada Anak, Hindari Mulai Sekarang ya Bunda!

Diabetes bukan hanya penyakit yang bisa dialami oleh orang dewasa, namun anak-anak juga memiliki resiko terhadap penyakit ini sehingga tindakan pencegah perlu dilakukan. 

Bahkan melansir dari laman halodoc.com, Ikatan Dokter Indonesia (IDAI) menyebut jika kasus diabetes pada anak ini meningkat hingga 70 kali dipat sejak tahu 2010 lalu. 

Terdapat dua tipe diabetes dan tipe 1 menjadi tipe yang paling sering terjadi pada anak-anak. 

BACA JUGA:Bunda, Kenali Tanda Diabetes pada Anak Melalui 7 Gejala Ini

Biasanya diabetes tipe 1 terjadi pada anak yang tubuhnya tidak bisa lagi memproduksi hormon insulin untuk mengontrol kadar gula di dalam darah dan penyebabnya masih belum diketahui secara pasti.  

Namun diabetes ini dianggap terjadi akibat adanya kelainan autoimun yang menyebabkan fungsi pankreas menjadi terganggu. 

BACA JUGA:5 Cara Mencegah Diabetes yang Aman Dilakukan, Terapkan Pola Makan Sehat Salah Satunya

Kandungan gula darah yang terlalu tinggi ini nantinya akan membuat kerja organ di dalam tubuh menjadi terganggu sehingga orang tua biasanya mengatasi hal ini dengan memberikan suntikan insulin ke tubuh anak. 

Sementara itu, diabetes tipe 2 pada anak menjadi penyakit yang kronis serta memerlukan perawatan khusus. Penyakit ini biasanya dialami oleh orang dewasa meski juga dapat dialami oleh anak yang berusia di atas 10 tahun atau telah memasuki usia remaja. 

BACA JUGA:5 Penyebab Diabetes pada Anak, Tidak Produksi Insulin Salah Satunya

Biasanya diabetes tipe 2 pada anak ini disebabkan oleh beberapa hal seperti faktor keturunan, anak yang memiliki kelebihan berat badan, anak yang jarang berolahraga serta sering mengonsumsi makanan tinggi gula. 

Namun saat ini, diabetes tipe 2 pun turut meningkat kasusnya di kalangan anak-anak sehingga para orang tua perlu melakukan tindakan pencegahan segera sebelum masalah ini terjadi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: