dempo

8 Jenis Buah Jeruk yang Ada di Indonesia, Ada Jeruk Nipis hingga Jeruk Purut

8 Jenis Buah Jeruk yang Ada di Indonesia, Ada Jeruk Nipis hingga Jeruk Purut

Ilustrasi. Jenis-jenis buah jeruk yang ada di Indonesia --(Sumber : Doc/BETV)

Jenis-jenis Buah Jeruk di Indonesia

1. Jeruk Mandarin

Jenis buah jeruk yang pertama adalah jeruk mandarin. Meski buah yang satu ini berasal dari wilayah china persis seperti namanya, namun buah ini telah lama menyebar ke seluruh Asia pada sekitar abad ke-10 dan juga ke Eropa pada awal tahun 1800an. 

Buah jeruk yang satu ini dikenal memiliki rasa yang manis dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan jeruk lainnya. Tidak hanya itu, buah yang satu ini juga dikenal memiliki kulit yang tipis dan mudah untuk dikupas. 

BACA JUGA:Mengenal Jeruk Kalamansi yang Jadi Komoditas Bengkulu, Ini Ciri dan Kandungannya

Jeruk mandarin dapat tumbuh di wilayah tropis dan juga sub tropis. Di Cina, buah ini dikenal dapat mewakili harapan serta membawa keberuntungan sehingga banyak diberikan untuk teman dan juga anggota keluarga terutama saat perayaan Imlek. 

2. Jeruk Manis (Orange)

Jenis jeruk yang ada di Indonesia berikutnya adalah jeruk manis atau orange yang disukai oleh banyak kalangan di seluruh dunia berkat rasanya yang manis.

BACA JUGA:Bisa Bantu Perawatan Kulit, Ini 6 Manfaat Jeruk Kalamansi untuk Kecantikan

Jeruk manis ini biasanya tumbuh di iklim tropis dan juga subtropis dan merupakan hasil persilangan antara jeruk Pamelo dan juga jeruk mandarin. 

Jeruk ini dikenal dengan aroma jeruknya yang sangat kuat serta memiliki rasa yang segar dan sangat manis. Buah dan kulit jeruk ini dapat juga digunakan sebagai campuran untuk membuat parfum. 

BACA JUGA:Tumbuh Subur di Bengkulu, Ini 5 Manfaat Jeruk Kalamansi untuk Kesehatan

3. Jeruk Tangerine

Jenis jeruk berikutnya adalah jeruk tangerine yang merupakan jensi jeruk manis yang ada berkat persilangan antara hibrida jeruk mandarin dan diberi nama berdasarkan tempat asalnya yaitu Tangier Maroko. 

Jeruk tangerine ini memiliki bentuk yang lebih kecil dibandingkan buah jeruk pada umumnya serta memiliki rasa yang lebih manis sehingga biasanya digunakan untuk berbagai macam minuman, makanan penutup dan juga beragam hidangan lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: