dempo

8 Jenis Buah Jeruk yang Ada di Indonesia, Ada Jeruk Nipis hingga Jeruk Purut

8 Jenis Buah Jeruk yang Ada di Indonesia, Ada Jeruk Nipis hingga Jeruk Purut

Ilustrasi. Jenis-jenis buah jeruk yang ada di Indonesia --(Sumber : Doc/BETV)

Bukan hanya itu, kulit buah lemon juga sering digunakan dengan cara diparut untuk memberi aroma yang wangi pada berbagai jenis masakan termasuk kue. 

6. Jeruk Limau

Jenis jeruk berikutnya adalah jeruk limau yang biasa digunakan sebagai tambahan masakan. Jeruk yang satu ini memiliki penampilan fisik menyerupai jeruk purut dengan kulit yang tebal dan juga berkerut dengan ukuran lebih kecil. 

BACA JUGA:6 Fakta Menarik Buah Jeruk yang Sayang Dilewatkan, Tidak Hanya Baik untuk Kesehatan

Sari jeruk limau ini biasanya digunakan sebagai bahan tambahan sambal hingga tambahan bumbu kacang pada siaomay agar memiliki rasa yang lebih segar. 

7. Jeruk Purut

Jeruk purut menjadi salah satu jenis jeruk yang ada di Indonesia. Buah jeruk yang satu ini berasal dari Asia Tenggara dan bagian selatan Tiongkok dan dikenal juga dengan istilah jeruk landak. 

BACA JUGA:Harum dan Menyegarkan, Daun Jeruk Nipis Ampuh Menurunkan Tekanan Darah, Ini Manfaat Lainnya

Sebutan itu merukuk pada bentuk fisik pohon jeruk yang berduri menyerupai landah. Buah yang satu ini memiliki kulit yang tebal dan keriput dengan rasa asam dan aroma yang wangi. 

Oleh sebab itu tidak heran jika buah yang satu ini seringkali digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan dan juga seafood. Tidak hanya buahnya, daun jeruk ini juga sering dimanfaatkan dengan diiris untuk tambahan bahan makanan. 

BACA JUGA:Sederet Fakta Menarik Buah Ceri, Ternyata Punya Vitamin C 100x Buah Jeruk, Lho! Cek Fakta Lainnya

8. Jeruk Kalamansi

Jenis jeruk lainnya yang ada di Indonesia adalah jeruk kalamansi atau dikenal dengan sebutan lain seperti jeruk kasturi, jeruk kunci, songkit hingga lemon cui. 

Jenis jeruk yang satu ini merupakan hibrid dari jeruk kumquat dan juga jeruk mandarin. Buah jeruk ini banyak ditemukan di Tiongkok Selatan, Taiwan, Borneo, Sulawei dan juga Bengkulu. 

BACA JUGA:Samarkan Flek Hitam hingga Atasi Jerawat, Ini 8 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: