dempo

5 Penyebab Batuk pada Anak yang Perlu Diwaspadahi, Ada Virus hingga Paparan Polusi

5 Penyebab Batuk pada Anak yang Perlu Diwaspadahi, Ada Virus hingga Paparan Polusi

Ilustrasi. Penyebab batuk pada anak.--Sumber foto: (Doc/BETV)

1. Virus 

Penyebab batuk pada anak yang perlu diwaspadai adalah virus. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa virus dapat menyerang anak kapanpun.

Virus yang berdiam di tenggorkan akan membuat saluran pernapasan tersendat sehingga tubuh memberikan respon alami berupa batuk untuk mengelurakan virus yang ada.

BACA JUGA:5 Manfaat Buncis untuk Kesehatan, Nomor 2 Belum Banyak yang Tahu, Cek sekarang

Infeksi virus kerap dialami anak pada masa pertumbuhan dan hal ini umun terjadi. Tak heran, karena pada masa pertumbuhan sistem kekebalan tubuh anak belum begitu kuat sehingga rentan terkena infeksi virus yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti batauk.

2. Alergi 

Selain virus, alaregi juga dapat menyebabkan anak batuk. Hal tersebut karena alergi dapat menggangu sistem kekebalan tubuh anak sehingga terjadi peradangan pada saluran pernapasan yang akhirnya membuat batuk.

selain itu, alergi juga dapat membuat saluran pernapasan anak iritasi serta mengalami pembengkakan, batuk terjadi sebagai respon alami tubuh dari peradangan tersebut.

BACA JUGA:Cakap Lancarkan Sistem Cerna, Buah Pepaya Tawarkan 7 Manfaat Ini untuk Kesehatan, Cek di Sini

3. Asma 

Penyebab batuk pada anak berikutnya adalah asma. Diketahi bahwa asma adalah kondisi ketika adanya peradangan dan penyempitan pada saluran pernapasan.

Hal tersebut menyebabkan anak kesulitan bernapas, salah satu akibatnya anak akan mengalami batuk.

Biasanya kondisi ini terjadi pada saat malam hari atau ketika anak kedinginan. Selain batuk, asma yang dialami anak juga dapat menyebabkan sesak dan nyeri pada bagian dada.

4. Infeksi bakteri 

Penyebab batuk pada anak selanjutnya adalah infeksi bakteri. Tidak hanya virus yang dapat membuat anak batuk namun bakteri pun sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: