dempo

Anak Batuk? Yuk Lakukan 8 Cara Ini untuk Mengatasinya, Dijamin Lebih Cepat Sembuh

Anak Batuk? Yuk Lakukan 8 Cara Ini untuk Mengatasinya, Dijamin Lebih Cepat Sembuh

Ilustrasi. Cara mengatasi batuk pada anak--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Saat anak batuk ibu dapat lakukan beberapa cara untuk mengatasinya agar cepat sembuh, yuk simak ulasannya di sini.

Batuk termasuk salah satu masalah kesehatan yang kerap terjadi, kondisi ini biasanya diakibatkan oleh infeksi bakteri atau virus sehingga tenggorokan terasa gatal, sakit, dan tidak nyaman.

Diketahui batuk merupakan respon alami tubuh untuk mengelurakan benda asing berupa lendir atau mengurangi rasa gatal di tenggorokan.

BACA JUGA:Tidak Hanya Baik Bagi Kesehatan dan Kecantikan, Inilah 5 Manfaat Kayu Manis Untuk Masakan

Selain itu, biasanya saat batuk anak juga akan mengalami demam, nyeri dada, dan flu.  Oleh karena itu, ibu harus tahu cara mengatasinya agar tidak semakin parah dan anak dapat pulih kembali.

Dikatakan salah satu cara mengatasi batuk pada anak adalah dengan mendorong anak untuk minum lebih banyak air mineral atau ASI jika anak masih bayi.

Hal ini dilakukan untuk mendorong virus atau bakteri di dalam tenggorokan sehingga rasa gatal dan sakitnya mereda. Selain itu, mengoleskan balsam, memberikan sup, madu, mencuci hidung, dan memberi obat juga cara yang dapat dicoba untuk mengatasi batuk pada anak.

Melansir dari alodoktor.com, berikut cara mengatasi batuk pada anak agar cepat sembuh:

BACA JUGA:7 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan, Baik untuk Mengatasi Diabetes

1. Memberikan ASI atau air secara rutin

Cara mengatasi batuk paada anak agar cepat sembuh yang pertama adalah dengan mendorong anak untuk lebih banyak minum air mineral atau susu bagi bayi.

Hal ini dilakukan untuk membunuh bakteri yang ada di tenggorokan tidak gatal atau sakit lagi dan menjadi lebih nyaman.

Selain itu, asupan air sangat penting bagi tubuh agar anak tidak mengalami dihidrasi. Biasanya ketika batuk anak akan mengalami demam yang mengakibatkan badan lebih lemas, dengan minum cukup air kebutuhan cairan yang diperlukan tubuh tetap terpenuhi.

BACA JUGA:6 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan, Ampuh Turunkan Tekanan Darah hingga Obati Asma

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: