dempo

Pelindo Regional 2 Bengkulu Memiliki Buffer Area, Antisipasi Kemacetan Truk Batu Bara Menuju Stockpile

Pelindo Regional 2 Bengkulu Memiliki Buffer Area, Antisipasi Kemacetan Truk Batu Bara Menuju Stockpile

PT Pelabuhan Indonesia atau Pelindo (Persero) Regional 2 Bengkulu meresmikan dan mengeoperasian Buffer Area dalam rangka upaya memperlancar arus barang dan bongkar muat menuju stokckpile di Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu.--(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BACA JUGA:Pengelola PTM Kota Bengkulu Desak Pemkot Tindak Tegas PKL yang Berjualan di Bahu Jalan

Buffer area akan mengoptimalikan penggunaaan sumber daya fasilitas pelabuhan dan jalan akses pelabuhan, sterilisasi dan keamanan (orang dan barang) di area lini I dan area operasional pelabuhan.

Sejalan dengan program STRANASPK yang terintegrasi single TID dengan gate pass pelabuhan dan buffer area yang dapat mengurangi potensi kemacetan di pelabuhan sehingga memberikan layanan yang efektif dan efisien.

BACA JUGA:Setwan Seluma Usulkan Rp1,8 Miliar untuk Pembelian Mobil Dinas Pimpinan DPRD

Sementara manfaat terhadap Pelindo sebagai BUP yakni terhindarnya Pelabuhan dari kongesti yang merugikan banyak pihak dan peningkatan produktivitas layanan penanganan barang. 

Selain itu juga dari sisi Pemerintah dalam hal ini Dinas Perhubungan yang diwakili oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Pulau Baai dapat mengendalikan terhadap risiko keselamatan dan gangguan keamanan yang ditimbulkan dari pengoperasian truck, pengaturan trafik di dalam Pelabuhan, mempermudah monitoring aktivitas barang di Pelabuhan dan dapat meningkatkan PNBP.

BACA JUGA:Bos Orgen di Bengkulu Ditusuk Karyawan Sendiri Lantaran Gaji Tak Kunjung Dibayar

Sedangkan terhadap pengguna jasa adalah adanya kepercayaan dalam mendapatkan kelancaran kegiatan kendaraan pengangkut dan kenyamanan pengangkutan barang dilingkungan Pelabuhan.

Segala permasalahan yang dihadapi dalam pelayanan pelabuhan tentu akan semakin mudah diwujudkan jika semua layanan terkait logistik sudah terbangun secara terintegrasi dengan seluruh stakeholder melalui sistem sudah terdigitalisasi.

Dengan adanya Buffer Area ini diharapkan dapat memperlancar kegiatan pengangkutan barang dari dan ke Pelabuhan Pulau Baai dan menjadi manfaat bagi seluruh pihak terkait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: