dempo

4 Tipe Parenting pada Anak, Ada Otoritatif hingga Pola Asuh Tak Terlibat, Kamu yang Mana?

4 Tipe Parenting pada Anak, Ada Otoritatif hingga Pola Asuh Tak Terlibat, Kamu yang Mana?

Ilustrasi. 4 tipe parenting pada anak, ada otoritatif hingga pola asuh tak terlibat, kamu yang mana?--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Terdapat tipe-tipe parenting pada anak yang membedakan cara pengasuhan yang dilakukan oleh tiap-tiap orang tua terhadap mereka. 

BACA JUGA:6 Bahaya Toxic Parents yang Wajib Diketahui, Bisa Bikin Anak Rendah Diri

Tipe parenting ini kelak akan menentukan bagaimana tumbuh kembang anak di masa depan sehingga pemilihan parenting yang tepat sangat penting untuk dilakukan. 

Setiap keluarga umumnya memiliki tipe-tipe parenting atau pola asuh yang berbeda yang mereka terapkan pada anak, tidak jarang juga jika mereka menerapkan apa yang telah mereka alami atau pelajari dari orang tuanya. 

BACA JUGA:Bunda Perlu Tahu! 7 Dampak Toxic Parents Ini Fatal untuk Anak, Bisa Tulari Anak di Masa Depan

Oleh sebab itu, tidak jarang jika parenting akan terus berjalan di dalam sebuah keluarga secara turun temurun lantaran telah rmenjadi sebuah tradisi. 

Parenting atau pola asuh ini memiliki dampak tersendiri pada anak-anak termasuk pada tumbuh kembang serta perkembangan mental anak mereka di masa mendatang. 

BACA JUGA:Waspada Toxic Parenting, Bisa Pengaruhi Mental Anak, Kamu Salah Satunya?

Oleh sebab itu, pola asuh yang baik tentunya akan memberikan dampak yang baik pula pada anak. Dan sebaliknya, pola asuh yang buruk akan mendatangkan dampak yang buruk pula. 

Maka tidak heran jika setiap orang tua maupun calon pasangan yang hendak menikah harus mengetahui dan memahami dari konsep parenting atau pola asuh ini dan juga mengetahui apa efeknya pada anak. 

BACA JUGA:6 Ciri Orang Tua Strict Parents yang Sering Tidak Disadari, Nomor 1 Paling Sering Dilakukan

Saat ini, terdapat 4  tipe parenting yang biasa dilakukan oleh para orang tua, yaitu otoritatif, otoriter, permisif dan juga uninvolved.

Untuk mengetahui penjelasan dari masing-masing tipe, maka kamu dapat menyimak ulasannya dalam artikel berikut ini. 

BACA JUGA:6 Ciri Orang Tua Strict Parents yang Sering Tidak Disadari, Nomor 1 Paling Sering Dilakukan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: