dempo

4 Tipe Parenting pada Anak, Ada Otoritatif hingga Pola Asuh Tak Terlibat, Kamu yang Mana?

4 Tipe Parenting pada Anak, Ada Otoritatif hingga Pola Asuh Tak Terlibat, Kamu yang Mana?

Ilustrasi. 4 tipe parenting pada anak, ada otoritatif hingga pola asuh tak terlibat, kamu yang mana?--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Tipe parenting yang satu ini bertujuan untuk mendidik anak denga tegas namun di saat bersamaan juga tetap suportuif dan membuka ruang untuk berdiskusi dengan anak. 

Parenting yang satu ini BACA JUGA:4 Gaya Parenting yang Perlu Diketahui Orang Tua, Apa Dampaknya pada Anak?diterapkan dengan harapan jika anak akan menjadi pribadi yang bertanggung jawab, kooperatif dan juga mandiri. 

BACA JUGA:6 Tips Parenting Ala Nikita Willy, Salah Satunya Jadi Sosok yang Selalu Ada untuk Anak

4. Uninvolved Parenting (Pola Asuh Tidak Terlibat)

Parenting berikutnya adalah Uninvolved Parenting atau pola aush tidak terlibat dimana orang tua kurang perhatian dan juga kurang menerapkan disiplin pada anak. 

Oleh sebab itu, dalam pola asuh ini orang tua biasanya kurang mengetahui perkembangan anak sehingga anak cenderung kurang menerima bimbingan, pendidikan, dan juga perhatian dari orang tua. 

BACA JUGA:Parents, 7 Tips Ini Bisa Bantu Kamu Didik Anak Jadi Cerdas, Yuk Terapkan Dari Sekarang!

Hal ini dapat memberikan pengaruh pada anak lantaran orang tua tidak terlibat dalam membesarkan anak. 

Absennya peran orang tua ini akan mempengaruhi anak di masa depan seperti anak akan bersifat agresif, nakalm depresi, dan juga sulit mengendalikan emosi. 

BACA JUGA:Orang Tua Wajib Punya! Ini 4 Rekomendasi Buku Parenting Terbaik

Demikian 4 gaya parenting yang umumnya dilakukan oleh orang tua pada anak. Sebagai orang tua, sudah sepantasnya membesarkan anak dengan baik dan mendukung pertumbuhan anak. Semoga informasi ini bermanfaat!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: