dempo

Perbanyak Konsumsi Zat Besi pada Masa Kehamilan, Ini 5 Cara Lain Cegah Anemia untuk Ibu Hamil

Perbanyak Konsumsi Zat Besi pada Masa Kehamilan, Ini 5 Cara Lain Cegah Anemia untuk Ibu Hamil

Ilustrasi. Cara mencegah anemia pada ibu hamil.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Anemia menjadi salah satu masalah keseahtan yang sangat berbahaya pada masa kehamilan, yuk simak cara mencegah Anemia pada ibu hamil di sini.

Sebagai informasi, anemia merupakan salah satu gangguan keseahtan yang menyebabkan sakit kepala, badan terasa lesu, jantung berdebar, bahkan kehilangan kesadaran.

Diketahui, anemia disebabkan oleh kurangnya sel darah merah di dalam tubuh sehingga suplai menyebabkan suplai darah ke seluruh oragan tubuh berkurang.

BACA JUGA:5 Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan, Ampuh Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Ada beberapa sebab yang membuat sel darah merah kurang mulai dari kurangnya asupan vitamin B12 pada masa kehamilan, kurang konsumsi zat besi, asam folat, hingga efek dari kondisi kesehatan tertantu.

Salah satu cara mencegah anemia pada ibu hamil adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, vitamin B12, folat, suplemen, atau vitamin c.

Hal tersebut karena zat besi bertugas untuk meningkatkan sel darah merah di tubuh. Dengan begitu resiko anemia dapat diminimalisir.

Melansir dari hellosehat.com, berikut cara mencegah anemia pada ibu hamil. 

BACA JUGA:6 Manfaat Garam yang Jarang Diketahui, Ampuh Menjaga Kesehatan Mulut hingga Meredakan Sariawan

1. Makan makanan tinggi zat besi

Cara mencegah anemia pada ibu hamil yang pertama adalah dengan makan makanan tinggi zat besi. Seperti yang disampaikan sebelumnya bahwa zat besi bertugas untuk meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Dengan sel darah merah yang cukup aliran darah ke seluruh organ optimal sehingga  mencegah terjadinya gangguan kesehatan seperti anemia.

Adapun makanan yang mengandung zat besi adalah ayam, kacang-kacangan, jus tomat, brokoli, bayan, dan jerang.

BACA JUGA:Mengandung Banyak Nutrisi, Kacang Hijau Tawarkan 11 Manfaat Ini untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: