dempo

6 Makanan Pencegah Anemia untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Daging Merah

6 Makanan Pencegah Anemia untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Daging Merah

Ilustrasi. Makanan pencegah anemia.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Daging merah menjadi salah satu makanan yang dapat mencegah anemia pada masa kehamilan, simak ulasan selengkapnya di ini.

Anemia merupakan salah satu masalah kesehatan yang berbahaya bagi ibu dan janin pada masa kehamilan. Dikatakan anemia disebabkan oleh kurangnya produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Ada berbagai macam hal yang dapat menyebabkan anemia, terutampa pada ibu hamil mulai dari faktor makanan, kurangnya asupan zat besi, folat, dan vitamin B12, hingga efek samping penyakit tertentu.

Akibatnya, ibu hamil yang mengalami anemia akan merasakan sakit kepala, sesak napas, lesu, hingga kehilangan kesadaran.

BACA JUGA:5 Manfaat Paprika Merah untuk Kesehatan Ibu Hamil, Mampu Mencegah Anemia

Salah satu makanan yang dapat mencegah anemia adalah daging merah. Hal tersebut karena daging merah mengandung zat besi yang bertugas memproduksi sel darah merah.

Dengan begitu penyakit anemia dapat dicegah karena aliran darah di dalam tubuh dapat mengalir dan menggerakkan organ sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga. 

Selain itu, jeroan, makanan laut, daging merah, biji-bijian, hingga sereal juga termasuk ke daftar makanan yang dapat mencegah anemia.

Melansir dari alodokter.com, berikut makanan yang dapat mencegah anemia:

1. Daging merah dan unggas

Makanan pencegah anemia yang pertama adalah daging merah dan unggas.

BACA JUGA:Sumber Vitamin C, Inilah 9 Manfaat Paprika Merah untuk Kesehatan

Hal tersebut karena daging merah mengandung zat besi yang tinggi, kandungan tersebut berfungsi menambah sel darah merah di dalam tubuh sehingga masalah anemia dapat dicegah dengan baik.

Seperti yang diketahui bahwa anemia adalah kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah, maka dengan mengkonsumsi daging merah yang dapat meningkatkan sel darah merah tubuh akan terhindar dari masalah anemia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: