dempo

Jangan Pasrah! Lawan Perilaku Gaslighting dengan 5 Cara Ini, Selalu Prioritaskan Dirimu

Jangan Pasrah! Lawan Perilaku Gaslighting dengan 5 Cara Ini, Selalu Prioritaskan Dirimu

Ilustrasi. cara menghadapi perilaku gaslighting yang dapat kamu lalukan--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Jika menemui perilaku gaslighting, sebaiknya jangan pasrah dan temukan cara menghadapi perilaku gaslighting tersebut agar kamu dapat mendapatkan kembali dirimu.  

BACA JUGA:Pernah dengar Soal Gaslighting? Ini Makna dan Contohnya, Hindari Jika Bertemu

Hal ini lantaran terjebak selamanya di dalam hubungan gaslighting ini hanya akan terus merugikan korban karena mereka terus memuaskan ego dari si pelaku gaslighting ini. 

Gaslighting sendiri merupakan salah satu bentuk manipulasi psikologis yang dapat menyebabkan keresahan dan juga kecemasan pada korbannya sehingga membuat mereka merasa ragu terhadap dirinya sendiri. 

BACA JUGA:Hindari Pelaku Gaslighting Jika Tidak Ingin Terkena 4 Dampak Buruk Ini, Bisa Sebabkan Depresi

Gaslighting ini dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari entah itu dalam hubungan romantis dengan pasangan, hubungan keluarga, hubungan pertemanan hingga hubungan sesama rekan kerja. 

Bukan hanya itu, gaslighting juga dikenal sebagai salah satu bentuk manipulasi yang biasanya terjadi di dalam hubungan yang tidak sehat atau dikenal juga dengan istilah abusive relationship. 

BACA JUGA:7 Ciri Perilaku Gaslighting, Remehkan Perasaan Orang Lain hingga Bikin Kamu Feeling Lonely

Oleh sebab itu, kebanyakan orang seringkali menemui perilaku gaslighting di dalam hubungan percintaan dimana pasangan yang lebih dominan dan toxic akan cenderung melakukan gaslighting. 

Perilaku ini juga melibatkan upaya seseorang untuk dapat memanipulasi pasangannya dengan membuatnya merasa bersalah dan juga meragukan kemampuannya sendiri. 

BACA JUGA:Terjebak dalam Hubungan Penuh Gaslighting? Ini 5 Cara Menghadapinya

Tindakan manipulasi ini bisa membuat korban dikendalikan baik secara emosional maupun tindakan sehingga jika dibiarkan terus menerus akan membuat korban terus merasa bersalah. 

Ada banyak dampak yang ditimbulkan oleh perilaku gaslighting ini, di antaranya seperti menyebabkan korbannya merasa rendah diri dan sulit untuk mempercayai orang lain. 

BACA JUGA:4 Penyebab Gaslighting yang Perlu Kamu Waspadai, Jangan Sampai Terlena!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: