dempo

Sejarah 1 Muharram yang Jadi Awal Mula Penetapan Kalender Islam, Simak Peristiwa Penting Dibaliknya

Sejarah 1 Muharram yang Jadi Awal Mula Penetapan Kalender Islam, Simak Peristiwa Penting Dibaliknya

Sejarah 1 muharram yang jadi awal mula penetapan kalender Islam, simak peristiwa penting dibaliknya--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Sejarah bulan Muharram menjadi bagian penting bagi umat Islam lantaran bukan ini merupakan bulan pembuka dalam kalender Hijriyah atau kalender Islam

BACA JUGA:Sambut Tahun Baru Islam, Ketahui 5 Keistimewaan Bulan Muharram Ini Bagi Umat Muslim

Kata Muharram sendiri berasal dari bahasa Arab Harrama-Yuharrimu-Tahriiman-Muharrimun-wa-Muhharramun yang berarti diharamkan. Bulan ini dimaknai sebagai bulan yang dimuliakan. 

Bulan ini memiliki arti diharamkan lantaran pada bulan tersebut orang-orag Arab dilarang untuk berperang satu sama lain. 

BACA JUGA:Inilah Bacaan Doa Saat Sedekah, Amalan Penuh Berkah di Bulan Muharram

Bulan Muharram ini menjadi salah satu bulan yang bersejarah bagi umat Islam lantaran di bulan ini ada banyak peristiwa yang menunjukkan bukti kekuasaan Allah SWT. 

Oleh sebab itu, penentuan bulan Muharram sebagai bulan pertama dalam kalender Hijriyah juga telah melalui sejarah panjang yang menarik untuk diulas. 

BACA JUGA:Warga Panca Mukti Lestarikan Tradisi Syukuran 10 Muharram

Sejarah 1 Muharram

Pada zaman Jahiliyah, nama-nama bulan kalender Hijriyah telah ada sehingga sebutan Syaban, Ramadhan, Syawal, Dzulhijjah dan semacamnya telah ada dan dikenal oleh orang-orang Arab sebelumnya. 

Sementara itu, ditetapkannya 1 Muharram sebagai awal tahun baru hijriah ini dimulai dari surat Gubernur Abu Musa Al-Asy'ari untuk Khalifah Umr bin Khatab yang dikirimkan oleh Gubernur pada 17 Hijriah. 

BACA JUGA:Manfaat Puasa Asyura, Ibadah Sunnah yang Bisa Hapus Dosa Setahun yang Lalu

Surat tersebut berisi kebingungannya mengenai surat-surat yang tidak memiliki tahun lantaran pada masa itu Umat Muslim masih mengadopsi peradaban Arab pra-Islam dalam penggunaan penanggalan. 

Mereka hanya menuliskan sebatas bulan dan tanggal tanpa tahun di dalamnya sehingga hal ini membuat Guberur kesulitan saat hendak melakukan pengarsipan dokumen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: